Brilio.net - Di tengah pandemi Covid-19 ini, beberapa pihak turut memberikan bantuan. Salah satunya ialah perusahaan layanan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg, Facebook atau FB. Perusahaan yang berkantor di Amerika Serikat ini turut prihatin akan kondisi dunia masa pandemi.

Tak hanya berdampak pada kesehatan saja, aspek ekonomi juga terdampak. Pandemi corona membuat perkembangan ekonomi melambat. Salah satu yang terkena dampak corona adalah pelaku usaha kecil.

"Kami tahu bahwa ini masa yang sulit bagi semua orang. Di masa ini, kesehatan dan keselamatan adalah prioritas utama. Kami juga tahu bahwa banyak pelaku bisnis yang kesulitan, dan kami ingin membantu," ujar Sheryl Sandberg selaku COO Facebook seperti dikutip dari laman Facebook business.

Facebook membuat program pemberian bantuan untuk usaha kecil. Dengan harapan nominal yang diberikan dapat meringankan beban di masa penuh tantangan ini.

"Untuk itu, kami membuat fasilitas yang dapat dengan mudah kamu akses guna mencari tahu tentang program pemberian bantuan, pelatihan online gratis tentang berbagai fitur, dan informasi terbaru. Kami harap kita semua selalu dalam keadaan sehat dan selamat," lanjut Sheryl Sandberg.

Loading...

Berikut cara dan syarat bagi pelaku UKM yang ingin mendapatkan bantuan dari Facebook, brilio.net rangkum dari situs Facebook business pada Selasa (27/10).

 

Ketentuan mendapatkan bantuan UKM dari Facebook.

Cara dapat bantuan UKM Facebook © Facebook

foto: facebook.com

Facebook akan memberikan bantuan kepada maksimum 30.000 bisnis kecil yang memenuhi syarat di lebih dari 30 negara, termasuk Indonesia. Pengajuan dan pendaftaran mencakup seluruh Indonesia diperpanjang hingga 2 November 2020.

Di Indonesia, Facebook menawarkan bantuan sekitar Rp 12,5 miliar dalam bentuk dana bantuan untuk sekitar 400 bisnis kecil yang memenuhi syarat. Setiap pelaku usaha akan mendapatkan dana bantuan yang berjumlah Rp 31.017.300.

Nominal dana tersebut terbagi menjadi dua, yakni kisaran Rp 19.385.800 dalam bentuk tunai dan Rp 11.631.500 dalam kredit iklan opsional untuk membantu selama masa yang sulit ini. Dana bantuan tersedia untuk bisnis kecil yang memenuhi syarat dan terdaftar di Indonesia.

Sebelum pelaku usaha mengajukan diri, simak beberapa ketentuannya terlebih dulu.

- Bisnis kecil tidak perlu memiliki eksistensi Facebook sebelumnya mendaftar

- Merupakan perusahaan bisnis

- Memiliki antara 2 hingga 50 karyawan per 1 Januari 2020

- Telah menjalankan usaha lebih dari 1 tahun

- Telah mengalami tantangan dari COVID-19

- Perusahaan bisnis atau kemitraan bisnis yang terdaftar secara resmi di Indonesia (memiliki TDP atau NIB)

- Berlokasi di sekitar wilayah operasional Facebook (memilih 'wilayah' pada kolom yang sudah tersedia pada situs

https://www.facebook.com/business/small-business/grants#)

- Kirim pengajuan untuk mendapatkan bantuan sekarang juga.

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar.

Cara dapat bantuan UKM Facebook © Facebook

foto: facebook.com

Setelah memilih wilayah atau domisili, pelaku usaha harus benar-benar bertempat tinggal di negara tersebut (Indonesia), agar dapat membuka formulir pengajuan untuk menerima dana ini.

Berikut adalah dokumen yang diperlukan:

- Akta Pendirian entitas bisnis

- Akta Perubahan Terakhir (Lampirkan hanya jika ada perubahan pada struktur jajaran direktur terkait status kamu sebagai pendaftar) dari entitas bisnis

- Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) dari entitas bisnis

Sebelumnya, untuk informasi lebih dalam mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku, dapat menilik pada pdf yang tertera di laman https://www.facebook.com/business/small-business/grants# klik pada bagian 'Syarat&Kententuan' serta 'Kebijakan Privasi' yang diberi tanda biru sebelum melanjutkan ke situs partner.

Setelah itu kamu diminta untuk melanjutkan proses pengajuan bantuan yang diselenggarakan ke laman Goodera. Klik pada pilihan 'Lanjutkan ke situs partner'.

https://idid.goodera.com/grant/application/10062/open-task/90630/org/8711/details

Apabila pelaku usaha sudah yakin dan memenuhi syarat yang ada, silahkan memasukkan email lalu klik 'Daftar Sekarang' untuk memulai di sisi kanan atas. Dengan mendaftar, berarti kamu menyetujui pengumpulan, penggunaan dan pengungkapan data pribadi untuk tujuan dan seperti yang dijelaskan dalam 'Kebijakan Privasi'.

Jika terpilih mendapatkan dana bantuan ini, Facebook akan meminta kamu untuk berpartisipasi dalam survei terkait dampak Covid-19 yang terjadi pada bisnismu. Selain itu juga bagaimana Program Dana Bantuan berpengaruh pada bisnis. Sebagai catatan, partisipasi dalam survei nantinya bersifat opsional dan tidak akan berpengaruh terhadap permohonanmu.

Program ini Facebook bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera untuk meninjau pendaftar yang masuk, menyeleksi UKM, dan mendistribusikan dana bantuan kepada yang terpilih.

Selain memberikan dana, Facebook juga membuat rangkaian bantuan berupa rangkaian webinar gratis. Webinar ini bisa digunakan untuk pelaku usaha bisnis online, bagi yang ingin beradaptasi dengan cepat di ranah dunia maya. Melalui webinar ini pula kamu akan mendapatkan saran dari para ahli dan sesama pelaku bisnis.