Brilio.net - Tim medis merupakan garda terdepan yang saat ini sangat dibutuhkan untuk menangani pasien virus corona atau Covid-19. Seiring bertambahnya pasien Covid-19, membuat para petugas medis mulai kewalahan dan membutuhkan tempat untuk beristirahat.

Sayangnya, banyak kasus di mana tim medis yang terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 tidak diizinkan untuk kembali ke tempat tinggal. Pasalnya, karena khawatir akan risiko penularan virus pada orang sekitar.

Akhirnya, banyak tenaga medis harus menerima kenyataan bahwa mereka hanya bisa beristirahat di rumah sakit dengan fasilitas seadanya. Hal tersebut membuat mereka tidak bisa mendapatkan istirahat yang berkualitas sehingga berisiko menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko terinfeksi berbagai penyakit, termasuk corona.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk rasa terima kasih serta dukungan kepada para petugas medis, salah satu startup akomodasi asal Bandung, Bobobox, dan Ling Ka Shing Foundation bekerja sama dengan IDI Jawa Barat mendonasikan 100 sleeping pod ke berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Kamar tidur sementara ini akan berfungsi sebagai tempat istirahat para pekerja medis di sela-sela jadwal panjang dan padat mereka dalam menghadapi pandemi.

Loading...

CEO dan founder dari PT Bobobox Mitra Indonesia Indra Gunawan menjelaskan untuk fasilitas sleeping pods sangat lengkap dengan menggunakan fitur-fitur dasar seperti kasur, bantal, selimut, AC, dan stopkontak. Dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan minimalisme diharapkan para petugas medis bisa beristirahat dengan optimal.

"Salah satu fitur kita yang paling viral kan di lampunya yang warna-warni, tapi di sini tidak kita gunakan karena melihat fungsi shalter ini untuk istirahat. Selain itu fasilitas seperti tempat duduk, ruang kerja juga tidak ada. Hanya fasilitas dasar saja," ujar Indra dalam konfrensi pers online baru-baru ini.

Indra berharap dengan diberikannya sleeping pods  diharapkan dapat memberikan istirahat yang berkualitas untuk para tim medis yang menangangi pasien Covid-19 pada situasi krisis seperti sekarang.

"Kami juga berharap bisa menjadi solusi tempat istirahat yang lebih baik, aman, dan nyaman bagi para pekerja medis sehingga mereka dapat merawat pasien Covid-19 tanpa mengorbankan kesehatan mereka sendiri. Saya harap ini bisa membantu mempercepat pemulihan bangsa kita," tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh President dan Co-Founder PT Bobobox Mitra Indonesia Antonius Bong, diberikannya fasilitas sleeping pods untuk para tim medis ini sebagai bentuk apresiasi dokter dan perawat karena telah membuat pengorbanan yang luar biasa untuk merawat kita semua.

"Mereka adalah pahlawan dalam pandemi ini dan mereka tidak bisa pulang ke tempat tinggal mereka dengan nyaman, tidak seperti kita. Apalagi di saat-saat sulit seperti ini, mereka cenderung memiliki jam kerja yang lebih panjang untuk mengatasi beban kerja yang tinggi sampai meninggalkan perawatan diri, termasuk tidur yang cukup. Saya harap, melalui sleeping pod Bobobox yang kami pasang di rumah sakit, para pekerja medis bisa mendapatkan istirahat dan tidur nyaman yang mereka butuhkan," tuturnya.

Sementara itu, sleeping pods ini akan disebar dibeberapa rumah sakit rujukan di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Berikut adalah daftar rumah sakit yang saat ini akan menerima donasi dari Bobobox dan Li Ka Shing Foundation:

1. RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara (8 pod)

2. RSUD Koja, Jakarta Utara (10 pod)

3. RSUD Cengkareng, Jakarta Barat (10 pod)

4. RSUD Tarakan, Jakarta Pusat (4 pod)

5. RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur (4 pod)

6. RS Hasan Sadikin, Bandung (4 pod)

7. RSUD Subang, Subang (4 pod)

8. RS Pelni, Jakarta Barat (16 pod)

9. RSUD Bekasi, Bekasi (10 pod)

10. RS Dustira, Cimahi (8 pod)

11. RSUD Karawang, Karawang (8 pod)

12. RSUD Bayu Asih, Purwakarta (6 pod)