Brilio.net - Hujan yang terus melanda Ibu Kota Jakarta beberapa waktu terakhir ini menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Jakarta. Banjir tersebut menyebabkan ribuan rumah terendam.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap sebanyak 401 laporan mengenai banjir dari masyarakat di Jakarta. Dalam laporan tersebut terdapat ribuan rumah dan jalan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi, yakni 10-150 cm.

"Ada 54 titik banjir dan genangan, yaitu di Jakarta Selatan (11 titik), Jakarta Timur (29 titik) dan Jakarta Utara (14 titik)," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers, Jakarta (21/2).

Sutopo juga mengatakan, tinggi banjir di Cipinang Melayu Jakarta Timur bervariasi antara 70-150 cm. 

"Banjir lebih disebabkan karena drainase perkotaan yang tidak mampu menampung aliran permukaan. Selain itu juga disebabkan luapan dari sungai yang naik Siaga 1 dan 2 sehingga aliran permukaan dari drainase tidak dapat dialirkan ke sungai," ungkapnya.

Loading...

Tidak hanya itu, ada dua wilayah di Bekasi yang terendam banjir yaitu Jakasetia dan Jakasampurna, sementara di Tangerang Pondokranji yang tergenang banjir.