×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Asal muasal kenapa bisa ada 'pasfoto' dan kenapa namanya harus gitu

View Image

0

BRILIO » Serius

Asal muasal kenapa bisa ada 'pasfoto' dan kenapa namanya harus gitu

Sejarah pasfoto ini berkaitan dengan Bahasa Belanda.

02 / 04 / 2016

Brilio.net - Kamu sadari atau tidak, istilah pasfoto akan banyak kamu temukan pas kamu akan membuat KTP, atau SIM, atau paspor. Ya kan? Tapi, sebenarnya kamu tahu nggak sih, dari mana sebenarnya istilah pasfoto? Hayo lho..

Usut punya usut, istilah pasfoto itu dari Bahasa Belanda lho, guys. Pengejaannya pun ternyata dulunya juga sama seperti sekarang, yakni tetap pasfoto. Nah, kata 'pas' di kata 'pasfoto' ini ada kepanjangannya. Yakni passpoort. Dan dalam Bahasa Inggris lazimnya disebut sebagai 'passport photo'.

Nah, kalau di Belanda sendiri, makna dari paspoort adalah bukti identitas diri. Jadinya, pembuatan pasfoto ini tidak melulu untuk paspor, tetapi juga surat izin mengemudi, kartu identitas penduduk di Belanda sana, untuk melamar pekerjaan, hingga untuk mendaftar sekolah.

Nah, meski kegunaan yang hampir sama di beberapa negara, rupanya ukuran pasfoto sendiri berbeda-beda di tiap-tiap negara lho. Kalau di Indonesia, tentunya kamu mengenal ada tiga ukuran pasfoto, 2x3 cm, 3x4 cm, dan 4x6 cm. Ternyata, ukuran yang diterapkan di indonesia tersebut termasuk ukuran jadul, dan di beberapa negara sudah tidak digunakan lagi.

Sebagian besar negara di dunia, seperti Inggris, Uni Eropa, dan Australia menerapkan ukuran standar yakni 35x45 mm atau sekitar 3,5x4,5 cm. Sementara di Amerika Serikat dan India sudah menerapkan ukuran 2x2 inci atau sekitar 5x5 cm.

Loading...







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more