Brilio.net - Andaikan John Logie Baird hari ini masih hidup, pasti dia akan menjadi orang yang  paling bahagia di dunia ini. Ya, hari ini, Selasa (26/1) pada 90 tahun yang lalu, dialah orang mengenalkan ‘televisi’ ke muka publik untuk pertama kalinya.

Jangan dibayangkan bahwa televisi kala itu sudah seperti sekarang penampakannya. Bahkan kala itu namanya belum menjadi televisi, melainkan televisi mekanik. Selain itu, layar yang ditunjukkan hanya berukuran 7,6 cm: 6 cm piksel.

Tepat 90 tahun lalu, ‘televisi’ pertama kali dipamerkan ke muka publik

Dalam layar hitam putih tersebut, ilmuwan asal Skotlandia ini  menampilkan wajah rekan bisnisnya bernama Daisy Elizabeth Gandy. Di sebuah laboratorium di Soho, London, Baird memamerkan karyanya di hadapan Royal Institution dan jurnalis dari Times sebagaimana dikutip brilio.net dari The Guardian.

Loading...

Tepat 90 tahun lalu, ‘televisi’ pertama kali dipamerkan ke muka publik

Dua tahun setelah acara tersebut, pada 1928 Baird akhirnya berhasil mengembangkan televisi berwarna. Bahkan pada 1929, BBC langsung menggunakan perusahaan Baird untuk menyiarkan program televisinya. Meskipun begitu, televisi jenis ini mulai digempur dengan televisi elektronik yang muncul pada 1930an.