×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Bagian pesawat Lion Air JT 610 yang berhasil ditemukan

View Image

0

BRILIO » Serius

8 Bagian pesawat Lion Air JT 610 yang berhasil ditemukan

Roda Lion Air JT 610 sudah berhasil diangkat ke daratan.

02 / 11 / 2018 22:45

Brilio.net - Setelah mendapat titik terang dengan ditemukannya black box Liona Air JT 610 pada pencarian hari ketiga, Kamis (1/11). Kini tim SAR gabungan masih terus mencari bagian pesawat lain yang masih tenggelam di perairan Karawang, Jawa Barat.

Mengerahkan empat kapal yang memiliki alat teknologi canggih, setidaknya pencarian sudah membuahkan beberapa hasil. Di antaranya puing-puing pesawat yang telah ditemukan sejak hari pertama. Potongan tubuh korban psudah banyak ditemukan. Hasilnya satu korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LPQ berhasil diidentifikasi.

Sementara itu, roda pesawat yang merupakan bagian terberat dan terbesar dari pesawat Lion Air sudah berhasil diangkat ke daratan. Roda tersebut ditemukan di radius 100-200 meter dari tempat ditemukannya FDR atau bagian dari black box.

Selain itu masih ada beberapa bagian pesawat baik berukuran besar maupun kecil yang sudah berhasil diangkat. Namun, ada juga bagian yang sudah terlihat dari pantauan ROV namun belum bisa diangkat.

Berikut ini bagian-bagian pesawat Lion Air PK-LPQ JT 610 yang berhasil ditemukan hingga hari kelima pencarian, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/11).

Loading...

1. Puing-puing bagian pesawat.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Sejak jatuh pada Senin (29/10), tim SAR gabungan sudah bisa menemukan puing bagian pesawat. Serpihan-serpihan ini ditemukan di permukaan dan di dalam laut Tanjung Karawang, Jawa Barat. Ukurannya pun bervariasi, ada yang berukuran besar dan juga ada yang puing-puing kecil.

Dengan adanya puing badan pesawat yang ditemukan, kemungkinan besar Lion Air jurusan Jakarta-Pangkal Pinang tersebut sudah dalam keadaan hancur di dasar laut.

2. Puing bagian ekor berukuran besar.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: Twitter/@SAR_NASIONAL

Pada hari pertama pencarian juga berhasil ditemukan puing besar yang diduga kuat berasal dari bagian ekor pesawat. Ini ditandakan dari warna merah yang merupakan bagian dari logo pesawat Lion Air sendiri. Ditemukannya puing ini sekaligus meyakinkan pesawat dengan nomor penerbangan JT 610 ini jatuh di sekitar perairan Karawang.

3. Patahan bagian belakang kursi penumpang.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: Twitter/@humas_basarnas

Patahan bagian dalam pesawat juga berhasil ditemukan pada hari pertama. Terlihat dari foto yang diunggah oleh Basarnas, puing tersebut merupakan patahan bagian belakang salah satu kursi penumpang.

4. Tabung oksigen yang ada di dalam pesawat juga berhasil ditemukan.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Seperangkat tabung oksigen juga berhasil ditemukan tim SAR. Tabung oksigen ini merupakan alat yang sering dibawa di dalam pesawat. Biasanya digunakan untuk keadaan darurat atau keperluan medis di udara.

5. Salah satu bagian dari black box berhasil ditemukan pada hari keempat pencarian.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Setelah empat hari melakukan pencarian, black box milik Lion Air PK-LQP akhirnya berhasil ditemukan pada Kamis (1/11). Perangkat penting tersebut ditemukan oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelaman TNI AL, di kedalaman 30 meter.

Kotak hitam yang ditemukan berupa Flight Data Recorder (FDR). Ini merupakan salah satu komponen dari black box. FDR sendiri bekerja untuk merekam berbagai data yang berhubungan dengan operasi penerbangan. Secara regulasi, FDR bisa merekam waktu, ketinggian, kecepatan, arah dan kondisi pesawat. Status yang terekam dapat memberikan informasi hingga 1.000 karakteristik pesawat yang dapat membantu investigasi.

6. Roda pesawat ditemukan, ini menjadi bagian terberat dan terbesar yang ditemukan sejauh ini.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: basarnas.go.id

Sehari setelah ditemukannya FDR, tim SAR gabungan juga berhasil menemukan bagian roda pesawat. Roda ditemukan di 100-200 meter dari tempat black box ditemukan. Roda pesawat ini menjadi bagian terberat dan terbesar yang bisa diangkat selama pencarian ini.

7. Badan pesawat sudah terlihat secara visual.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Penyelam dari Dislambair TNI Angkatan Laut menemukan sejumlah bagian pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang. Menurut Kadislambair Koarmada 1 Kolonel Laut (E), Monang Sitompul, visual bawah laut menunjukkan bendar mirip seperti bodi pesawat.

"Saat pengejaran visual di bawah spot kita ada body pesawat, positif body pesawat," ujar Monang seperti brilio.net kutip dari laman liputan6.

Namun hingga kini badan pesawat yang terlihat secara visual tersebut masih harus ditelusuri. Selain itu, tim SAR juga masih menunggu crane untuk bisa mengangkut bagian besar pesawat yang kondisinya sudah pecah tersebut.

8. Selain badan, mesin pesawat juga ditemukan.

bagian pesawat ditemukan © berbagai sumber

foto: Twitter/@SAR_NASIONAL

Selain badan, bagian penting pada pesawat yaitu mesin juga berhasil ditemukan. Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI AL Yudo Margono menyebut mesin pesawat ditemukan oleh tim Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL.

Saat ini mesin pesawat masih berada di laut. Tim SAR butuh alat berat berupa crane untuk mengangkut mesin tersebut. Namun belum bisa dipastikan kapan alat tersebut akan datang. Sebab itu, hal itu menjadi ranah Basarnas dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more