Brilio.net - Pandemi corona Covid-19 membuat berbagai negara melakukan kebijakan untuk menghambat penyebaran virus tersebut. Ini juga dilakukan pemerintah Indonesia yang telah mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020.

Di beberapa titik perbatasan jalur mudik pun kini dijaga aparat kepolisian bersama pihak terkait. Meski larangan mudik sudah dikeluarkan, namun masih banyak masyarakat yang tetap nekat untuk mudik.

Misalnya rombongan tukang cukur rambut yang akan mudik ke Garut, Jawa Barat. Mereka memilih jalur alternatif melewati Jonggol, Kabupaten Bogor.

Rombongan tukang cukur yang terdiri dari lima orang tersebut tidak bisa mengelak saat diintrogasi polisi. Setelah diketahui hendak mudik ke Garut, polisi akhirnya menyuruh mereka untuk putar balik.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Tidak hanya kejadian tersebut, ada kisah pemudik nekat lain yang bahkan bersembunyi di toilet bus agar tetap bisa mudik.

Kira-kira seperti apa saja sih kisah nekat mudik dengan coba kelabuhi petugas? Berikut ulasan brilio.net dilansir dari liputan6, Jumat (1/5).

1. Kucing-kucingan travel gelap.

Kisah nekat mudik kelabuhi petugas Liputan6

foto: istimewa

Beberapa travel gelap berusaha menembus pemeriksaan petugas gabungan di wilayah Jabodetabek. Sang sopir mengaku menghindari penyekatan agar bisa mengantar tujuh penumpang travelnya ke Lampung, demi kebutuhan ekonomi. Namun akhirnya terkena penyekatan di garis akhir, di Gerem Atas dan Gerem Bawah, dan diperintahkan balik arah.

2. Tukang cukur lewati jalur alternatif.

Kisah nekat mudik kelabuhi petugas Liputan6

foto: Liputan6

Meski telah dilarang, masih ada sejumlah orang yang tetap nekat mudik dengan memilih jalur alternatif untuk menghindari pemeriksaan. Seperti yang dialami Hasan, saat hendak mudik ke Garut.

Kendaraan yang membawa rombongan tukang cukur rambut ini terjaring pemeriksaan petugas di check point Jonggol. Kelima orang tersebut pun diperintah putar balik.

3. Sembunyi di tumpukan kerupuk.

Kisah nekat mudik kelabuhi petugas Liputan6

foto: Liputan6

Berdalih memuat kerupuk, sebuah mobil pikap nyatanya berisikan orang yang akan mudik menuju Bengkulu. Sang sopir dan para pemudik berusaha mengelabui petugas dengan menutup bak belakang mereka menggunakan terpal. Namun usaha mereka ketahuan petugas di Pospam Gerem Bawah, Cilegon, Banten. Mereka pun diminta untuk putar balik.

4. Naik truk kontainer.

Kisah nekat mudik kelabuhi petugas Liputan6

foto: Liputan6

Kisah nekat mudik selanjutnya dilakukan oleh tujuh orang yang diduga hendak mudik ke daerah Rangkas Bitung, Lebak, Banten. Mereka mencoba mengelabui petugas gabungan di check point penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang dengan menumpang truk kontainer. Saat didapati petugas dan setelah didata, ketujuh orang dengan truk kontainernya langsung diperintahkan untuk putar balik.

5. Usaha sopir travel gelap.

Kisah nekat mudik kelabuhi petugas Liputan6

foto: Liputan6

Polisi menangkap seorang sopir travel gelap dan pemudik yang kedapatan tetap melakukan perjalanan antarkota antarprovinsi. Rombongan dari Jakarta ini diamankan di Polres Tasikmalaya Kota.

6. Sembunyi di toilet bus.

Kisah nekat mudik kelabuhi petugas Liputan6

foto: Liputan6

Polisi menemukan penumpang bus bersembunyi saat ada pengecekan petugas di daerah Bekasi. Bus tersebut langsung diminta untuk putar arah kembali ke Jakarta.

(brl/pep)