Brilio.net - Selalu ada peluang bagi yang mau berusaha. Yups, tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi membuat anak muda mencari peruntungan dengan berbisnis atau jualan online. Pasalnya dengan jualan online, beberapa usaha yang dulu dirasa berat sekarang jadi ringan.

Jualan online sejatinya bisa jadi ladang uang. Apalagi jualan online ini dapat dijalankan meskipun seseorang hanya memiliki modal sedikit.

Kini banyak sekali model bisnis jualan online, namun kamu perlu memilih produk yang cocok agar bisnis bisa sukses. Sebab, tak semua jualan online bisa diadaptasi menjadi bisnis sukses. Seringkali jebakannya adalah kebutuhan modal yang menguras kantong.

Tapi, untuk kamu yang hanya memiliki modal tipis tak perlu khawatir. Ada beberapa rahasia sukses jualan online dari nol yang pemula bisa coba loh!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, kira-kira apa saja rahasianya? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/10).

1. Punya ide untuk berbisnis apa.

5 Rahasia sukses jualan online dari nol © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Yang pertama, sebagai pemula tentu kamu harus memiliki ide akan berbisnis dan berjualan apa. Sesuaikan ide bisnis dengan minat dan kepribadianmu. Ketika hati senang, jualan online tak akan terasa berat dan terpaksa.

Jika memilih berjualan produk, riset dulu apa yang ingin kamu jual. Pastikan produk yang kamu pilih sesuai keinginan pasar. Jika modal masih sedikit, mulailah dengan menggunakan metode dropship atau menjadi reseller dari produsen besar.

2. Beriklan via media sosial.

5 Rahasia sukses jualan online dari nol © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Rahasia selanjutnya yang tak boleh terlewatkan yakni beriklan di media sosial. Pasalnya media sosial dinilai lebih efektif sebagai tempat beriklan saat ini. Terlebih konsumen lebih suka melihat sesuatu secara online, baik media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan banyak lainnya.

Dengan beriklan di media sosial target konsumen pun juga lebih luas. Ditambah kamu bisa berhemat, karena beriklan via media sosial lebih terjangkau dibanding di televisi atau media cetak. Kini penggunaan media sosial sebagai media iklan juga didukung dengan keberadaan influencer atau selebgram.

3. Bikin deskripsi produk yang menarik.

5 Rahasia sukses jualan online dari nol © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Deskripsi produk sangat penting dalam berjualan online. Saat pertama melihat produk atau jasa, pembeli akan membaca deskripsi. Jangan terlalu kaku dan memaksa untuk menjual produk tersebut.

Buat deskripsi produk seperti bercerita dengan teman. Deskripsi ini bisa ditempatkan di landing page website, caption postingan media sosial, marketplace, atau lainnya.

4. Aktif di media sosial.

5 Rahasia sukses jualan online dari nol © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Setelah menentukan platform untuk menjual produk, jangan lupa untuk aktif di media sosial. Ini merupakan salah satu strategi marketing agar jualan online berjalan lancar. Seperti halnya kisah sukses Audrey Muliauwan dan Keno, dua entrepreneur muda yang menjalankan bisnis tanaman hias indoor, Inn and Props (@innandprops).

Nah dalam mengembangkan bisnisnya, mereka pun memanfaatkan media sosial, Instagram, dan TikTok untuk menampilkan produk yang mereka jual di e-commerce. Meski memanfaatkan platform digital, bukan perkara mudah ketika membangun bisnis dari nol.

Lewat cara simbiosis mutualisme dengan influencer, pamor Inn and Props mulai naik. Bahkan jumlah followernya bertambah, kini omzet mereka bisa mencapai ratusan juta rupiah. Nah untuk mengunggah foto-foto tanaman hias di media sosial (@innandprops) Audrey dan tim lebih memilih menggunakan smartphone seperti Oppo A16. Alasannya sih biar nggak ribet.

5 Rahasia sukses jualan online dari nol © 2021 brilio.net

foto: brilio.net/@yans_brilio

Oppo A16 direkomendasikan untuk membuat foto produk agar bisa diunggah di media sosial. Smartphone yang dibanderol Rp 2,4 jutaan ini dibekali kamera utama 13MP f/2.2 yang sudah mendukung PDAF, ditambah 2MP f/2.4 untuk kamera portrait dan 2MP f/2.4 untuk kamera makro.

Fitur lainnya seperti baterai dengan kapasitas besar 5.000 mAh, Oppo A16 bisa menyala hingga seharian penuh atau bahkan 1,5 hari. Menariknya lagi, ada teknologi menarik bernama AI Optimized Night Charge, yang membuat proses charging tetap aman saat ditinggal tidur dari malam hingga pagi hari.

Dengan fitur tersebut, tentu berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjalankan bisnis jualan online-nya. Nah, buat kamu yang berminat, Oppo A16 bisa didapatkan melalui jaringan luring Oppo Store di seluruh Indonesia atau melalui aplikasi Oppo Store dan jaringan daring Oppo Official Store pada situs e-dagang terkemuka. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa klik di sini.

5. Pengemasan yang aman.

5 Rahasia sukses jualan online dari nol © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Terakhir yang perlu diperhatikan oleh para pemula saat memulai jualan online ialah packing pesanan. Ada perlunya paket pengiriman dikemas aman seperti diberi lapisan ekstra. Untuk melindungi produk, kamu bisa menggunakan bubble wrap lalu bungkus kembali dengan kardus.

Sedangkan demi menghindari produk terkena air, kamu bisa membungkusnya dengan plastik ataupun lakban yang rapat. Pastikan tak ada celah agar paket tidak bergerak-gerak dan terguncang selama pengiriman. Nah, jika ada budget ekstra bisa juga menempelkan stiker 'fragile' pada paket kiriman. Dengan pelayanan pengemasan yang aman, tentu akan memberikan kepuasan bagi konsumen.

(brl/lak)