Brilio.net - Pemilihan presiden Amerika Serikat selalu menarik perhatian dunia. Kali ini, petahana Donald Trump harus mengakui keunggulan pesaingnya Joe Biden. Dikutip dari The Guardians, dengan 290 elektoral, Joe Biden berhasil mengalahkan Donald Trump yang hanya meraih 214 elektoral.

Momen ini tentu menjadi sorotan dunia. Salah satunya mengenai sosok pendamping Biden, Kamala Harris sukses melenggang sebagai wakil Presiden AS. Kamala Harris mengukir sejarah sebagai wanita berkulit hitam pertama yang menjadi wakil presiden. Selain itu, Kamala Harris juga merupakan orang pertama keturunan Asia Selatan yang berhasil melenggang ke Gedung Putih.

Sosoknya yang menginspirasi pun membuat banyak masyarakat kagum dan ingin mengenal lebih jauh. Kamala Harris pun menjadi bukti perjuangan orang kulit hitam untuk meraih mimpinya di Amerika Serikat.

Daripada penasaran, yuk simak fakta Kamala Harris, wakil Presiden Amerika Serikat yang menjadi sosok inspiratif seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (9/11)

1. Berdarah India-Jamaika.

Loading...

fakta kamala harris wakil presiden as © Instagram

foto: Instagram/@kamalaharris

Lahir di Oakland, California pada 20 Oktober 1964, Kamala Harris merupakan keturunan Jamaika dan India. Ayahnya yang bernama Donald Harris adalah seorang ahli ekonomi berdarah Jamaika. Sementara ibunya Shyamala Gopalan, peneliti kanker dari India namun pindah ke Amerika Serikat pada usia 19 tahun untuk meraih gelar doktor di University of California, Berkeley.

2. Pernah jadi jaksa dan anti-hukuman mati.

fakta kamala harris wakil presiden as © Instagram

foto: Instagram/@kamalaharris

Usai lulus dari pendidikan universitas California 1989 silam, Kamala berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai deputi jaksa distrik di Alameda County yang merupakan salah satu distrik di California. alam catatan hukum, Harris dikenal sebagai jaksa wilayah San Francisco, yang menentang hukuman mati, sekalipun dalam kasus besar.

3. Sang suami merupakan seorang pengacara.

fakta kamala harris wakil presiden as © Instagram

foto: Instagram/@kamalaharris

Pada 2014, Kamala membangun bahtera rumah tangga dengan Douglas Emhoff, yang berprofesi sebagai pengacara ternama keturunan Yahudi lulusan California State University. Kini, keduanya telah dikaruniai 2 orang anak yang bernama Cole dan Ella.

4. Perempuan kulit hitam pertama dalam sejarah AS yang terpilih menjadi wakil presiden.

fakta kamala harris wakil presiden as © Instagram

foto: Instagram/@kamalaharris

Kemenangannya dalam Pemilu AS 2020 membuat Kamala mengukir sejarah kembali di dunia pemerintahan AS. Sebelumnya, Kamala juga berhasil sebagai perempuan pertama yang menjadi jaksa agung di California.

5. Sosok yang dibesarkan di keluarga Hindu dan Kristen.

fakta kamala harris wakil presiden as © Instagram

foto: Instagram/@kamalaharris

Memiliki keluarga yang berasal dari dua negara dan dua budaya berbeda, membuat Kamala tumbuh menjadi sosok dengan toleransi yang tinggi. Kamala dibesarkan di keluarga besar penganut Hindu dan Kristen.

Saat ia kecil, Kamala kerap kali berkunjung ke keluarga besarnya di India yang mayoritas beragama Hindu. Namun, setelah orangtuanya bercerai saat ia berusia 7 tahun, Kamala tinggal dengan ibunya dan pindah ke Kanada.