Brilio.net - Presiden Jokowi mengajukan nama Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmayanto. Surat mengenai pengajuan nama Hadi Tjahjanto telah diserahkan langsung ke DPR oleh Mensesneg Pratikno, Senin (4/12).

Penggantian ini bukan tanpa alasan. Jenderal Gatot Nurmayanto segera memasuki masa pensiun, sedangkan 2018 nanti tugas panglima TNI akan lebih berat. Hadi Tjahjanto sendiri dipilih karena dianggap memiliki kemampuan memimpin yang mumpuni.

Hadi Tjahjanto, calon Panglima TNI ini ternyata merupakan sosok yang sederhana lho. Yuk kita simak 5 faktanya dilansir brilio.net dari berbagai sumber, (4/12).

1. Mantan Komandan Lanud Adisumarmo.

Hadi Tjahjanto pernah dipercaya menjadi Komandan Lanud Adisumarmo Solo pada tahun 2010. Ia mempunyai kedekatan dengan Jokowi yang saat itu menjabat sebagai wali kota Solo.

Loading...

2. Anak penjual rujak cingur.

Hadi Tjahjanto berasal dari keluarga sederhana. Ibunya merupakan seorang penjual rujak cingur. Ayahnya pernah menjadi kopral. Ia mengikuti jejak ayahnya berkarier di militer.

3. Berangkat sekolah gandol (menumpang) truk.

Calon Panglima TNI ini ialah lulusan SMAN 1 Lawang. Selama bersekolah, ia kerap menumpang truk dengan naik di bagian belakangnya ketika berangkat sekolah. Sungguh apa adanya.

4. Mendapat penghargaan tertinggi dari Polri, Bhayangkara Utama.

Jasa Hadi Tjahhanto bagi TNI dan Polri amatlah besar. Salah satu jasanya yakni berperan banyak dalam Operasi Tinombala atau Operasi Perburuan Kelompok Ekstremis Santoso di Poso.

5. Pernah bantu gendong anak yang muntah.

Saat peresmian pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang dihadiri Jokowi, ada seorang anak SD yang muntah. Dengan sigap Hadi Tjahjanto langsung membantu anak tersebut dan menggendongnya. Wah berhati mulia.