Brilio.net - Putra Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar mengenai terpaparnya Gibran diakuinya kepada wartawan melalui konferensi pers secara virtual.

Suami dari Selvi Ananda ini menjelaskan, bahwa dalam beberapa hari terakhir sering mengunjungi tempat-tempat rawan penyebaran Covid-19. Seperti tempat isolasi, sentra vaksinasi, dan rumah sakit.

Kunjungan tersebut menjadi rutinitasnya dalam bekerja. Kendati demikian, diakuinya bahwa ia selalu rutin melakukan swab antigen.

"Kebetulan kemarin hasil antigen negatif tapi karena nggak percaya terus saya suruh teman-teman untuk PCR dan hasilnya positif," ujarnya kepada wartawan saat melakukan konferensi pers secara virtual di Solo, Rabu (14/7).

Setelah Gibran dinyatakan positif Covid-19, orang yang berkontak erat dengannya pun ikut menjalani tes swab. Selain istri dan kedua anaknya, uji swab itu juga dilakukan kepada ajudan, sopir beserta stafnya.

Berikut brilio.net rangkum dari hasil konferensi pers secara virtual tentang cerita Gibran Rakabuming Raka positif Covid-19, Rabu (14/7).

1. Tidak rasakan gejala apapun

cerita gibran rakabuming positif covid-19 © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Dinyatakan positif Senin (12/7) pagi usai tes PCR, Gibran mengaku tidak mengalami gejala apapun. Ia menambahkan jika saat ini dalam keadaan sehat. Bersamaan dengan itu, istri, anak dan ajudannya dinyatakan negatif.

"Saya dalam keadaan sehat, tidak ada gejala apapun. Anak istri, ajudan, semua negatif," terangnya.

2. Jalani isolasi mandiri

cerita gibran rakabuming positif covid-19 © berbagai sumber

foto: Liputan6.com

Dengan kondisinya saat ini, Gibran harus menjalani isolasi mandiri secara terpisah dengan keluarganya. Meski demikian, ia tidak menjelaskan tempat yang dipilih untuk jalani isolasi.

"Jadi saya langsung memisahkan diri. Sekali lagi saya dalam keadaan sehat," ujarnya.

3. Tetap bekerja saat isolasi

cerita gibran rakabuming positif covid-19 © berbagai sumber

foto: Humas Pemkot Surakarta

Gibran mengaku tetap melaksanakan tugasnya sebagai Wali Kota Solo. Ia tetap bekerja seperti biasanya seperti melaksanakan pekerjaan nota dinas hingga memimpin rapat. Hanya saja pekerjaannya dilakukan secara jarak jauh.

"Saya masih aktif setiap hari, aktif memimpin rapat melalui zoom, koordinasi dengan kepala-kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Besok Jumat, saya juga masih rapat paripurna melalui zoom. Semoga diizinkan oleh bapak ketua DPRD," kata dia.

4. Mohon doa agar sembuh

cerita gibran rakabuming positif covid-19 © berbagai sumber

foto: Instagram/@gus_raharjo

Dalam penjelasannya, putra sulung Jokowi ini juga meminta doa dan dukungan kepada masyarakat terutama warga Solo untuk kesembuhannya.

"Untuk bapak ibu terutama warga Solo, mohon dukungan dan doanya, agar saya selalu diberikan kesehatan,"

5. Taati prokes

cerita gibran rakabuming positif covid-19 © berbagai sumber

foto: Instagram/@gibran_rakabuming

Di akhir konferensi pers, Gibran mengingatkan kepada semua masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku. Ia juga berujar, agar kondisi ini segera pulih.

"Mohon untuk bapak ibu, selalu ikuti protokol kesehatan. Saya yakin, kita semua bisa melewati ini semua," akhirnya.