Brilio.net - Sepak terjang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjadi gubernur DKI banyak mendapat sorotan. Aksi dukungan yang diberikan relawan dan simpatisan Ahok juga tak luput dari pemberitaan, baik sejak mencalonkan diri lagi di Pilkada DKI 2017 kemarin hingga dijatuhkannya vonis hukuman dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/5) 5 aksi para pendukung Ahok, dari flashmob sampai paduan suara.

1. Flashmob.

pendukung ahok pendukung ahok

foto: YouTube.com

Loading...

Ribuan pendukung dan relawan Ahok-Djarot tumpah ruah dalam acara flashmob dukungan kepada pasangan petahana ini saat ajang Pilkada DKI 2017 kemarin. Flashmob yang diabadikan dalam video tersebut pun sempat viral di media sosial. Sejumlah artis pendukung ikut menghadiri kegiatan flashmob yang digelar di Cilandak Town Square (Citos), Cilandak Barat, Jakarta Selatan, pada Januari lalu.

2. Karangan bunga.

pendukung ahok pendukung ahok

foto: Twitter.com/@basuki_btp

Usai kalah dalam Pilkada DKI 2017 versi hitung cepat, Ahok-Djarot yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur hingga Oktober 2017, justru mendapat ribuang karangan bunga dari para pendukungnya. Ribuan karangan bunga itu diletakkan di halaman Balai Kota hingga jalan-jalan raya menuju Balaikota.

3. Balon merah putih.

pendukung ahok pendukung ahok

foto: Twitter.com/@basuki_btp

Setelah sebelumnya balai kota Jakarta dipenuhi karangan bunga, pada Minggu pagi (8/5), giliran ribuan balon berwarna merah-putih yang menghiasi. Di setiap balon, terpasang ada pula selebaran yang bertuliskan dukungan atau ucapan terima kasih untuk Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

4. Penyalaan lilin.

pendukung ahok pendukung ahok

foto: Twitter.com/@dr_valens

Usai divonis oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara sebagai terdakwa kasus dugaan penodaan agama, mantan bupati Belitung ini langsung dibawa ke rumah tahanan Cipinang, Selasa (9/5). Di sana massa pendukung Ahok menyalakan lilin untuk Ahok dengan diawali menyanyikan bersama lagu yang berjudul Maju Tak Gentar.

5. Paduan suara.

pendukung ahok pendukung ahok

foto: Twitter.com/@Tandaseru_

Aksi dukungan Ahok tak berhenti di depan Rutan Cipinang. Paginya, Rabu (10/5) para pendukung gubernur non-aktif DKI Jakarta dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot, meramaikan Jakarta dengan acara paduan suara. Dalam kesempatan tersebut para pendukung ini mengenakan baju berwarna merah dan putih.

Musisi Addie MS memandu paduan suara sebagai dirijen. Mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa lagu nasional lainnya, seperti Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, Maju Tak Gentar, Indonesia Pusaka, hingga Syukur.