×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
30 Negara ini ucapkan selamat ke Jokowi atas kelancaran pemilu

View Image

0

BRILIO » Serius

30 Negara ini ucapkan selamat ke Jokowi atas kelancaran pemilu

Dari yang telepon langsung hingga lewat media.

28 / 04 / 2019 12:51

Brilio.net - Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Indonesia menjadi sorotan internasional. Sebab, pemilu ini disebut-sebut sebagai yang paling rumit di dunia. Tak heran jika keberhasilan penyelenggaraannya juga mendapat apresiasi luar dari berbagai negara.

Sebanyak 30 negara memberikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena penyelenggaraan Pemilu 2019 berjalan dengan lancar. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Armanatha Nasir mengatakan, ucapan tersebut disampaikan langsung oleh kepala negara dan ada yang melalui sosial media.

Tiga kepala negara yang menyampaikan langsung kepada Jokowi antara lain, PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Turki Erdogan. Mereka secara langsung menelepon Jokowi via telepon, sehari setelah pencoblosan pemilu pada 18 April 2019.

"Memang ada sekitar 20 negara yang menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang lancar, damai dan adil, melalui berbagai cara. Kepala negara yang telepon langsung kalau tidak salah Turki, Malaysia, dan Singapura," kata Armantha Nasir dikutip Liputan6.com, Minggu (28/4).

Adapun negara yang mengucapkan selamat atau memberikan komen positif terkait pelaksanaan pemilu Indonesia, baik melalui media sosial, release maupun ke media adalah Inggris, Korea Selatan, Palestina, Denmark, Thailand, Belanda, Afrika Selatan, Australia, Jerman, Kanada, dan Spanyol. Prancis, Amerika Serikat, Afghanistan, Timor Leste, Iran, Belgia, Norwegia, Rusia, Hongaria, Finland, Austria, Myanmar, Mesir, China, Vietnam, serta Pakistan juga memberikan selamat kepada Jokowi.

Loading...

"Ada juga statement dari organisasi Internasional antara lain, UE (Uni Eropa), OKI (Organisasi Konferensi Islam)," sambung Dubes RI untuk Prancis itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima ucapan selamat dari sejumlah petinggi negara atas terselenggaranya Pemilu 2019 di Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 18 April 2019.

"Tadi siang sampai sore kita telah menerima ucapan selamat dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga Presiden Turki Erdogan dan juga 10 negara lainnya yang telah memberikan ucapan selamat atas suksesnya pesta demokrasi di negara kita," ujar Jokowi.

Jokowi yang kembali maju di Pilpres 2019 bersama KH Ma'ruf Amin juga mendapatkan ucapan selamat dari para petinggi negara terkait capaiannya di Pilpres 2019. Juga terhadap seluruh masyarakat Indonesia yang mampu menciptakan pemilu yang damai.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    60%

  • Ngakak!

    20%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    20%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more