Brilio.net - Ketika siswa sekolah ditanya mengenai cita-cita mereka, pilot menjadi salah satu profesi yang kerap disebut. Ya, pilot merupakan salah satu profesi yang bisa dibilang memiliki banyak sekali peminat.

Meski belakangan dunia digital marketing hampir merajai berbagai lini pekerjaan, namun pilot masih menjadi salah satu yang paling banyak diincar. Bisa terbang ke berbagai negara ditambah gaji dan tunjangan yang cukup tinggi membuat orang-orang tergiur untuk menekuni profesi tersebut.

Namun tentu saja, menjadi pilot bukan perkara mudah. Banyak pesaing lain yang perlu untuk ditaklukkan. Selain itu perlu masuk ke sekolah penerbangan untuk mendapatkan bekal dan keahlian dasar yang berhubungan dengan sektor aviasi ini. Supaya kegagalan tidak berkali-kali datang, ada beberapa persiapan yang perlu untuk dimatangkan sebelum masuk sekolah pilot. Apa saja

1. Mempersiapkan iaya yang cukup

Sekolah Pilot © 2020 brilio.net

Loading...

Hal paling utama untuk dipersiapkan sebelum masuk sekolah pilot adalah dana yang cukup. Cari tahu biaya masuk ke sekolah penerbangan. Biayanya tentu saja berbeda antara satu sekolah dengan yang lainnya. Namun tidak jarang ada beberapa tempat yang bisa dibayarkan secara bertahap.

Persiapkan jauh-jauh hari biaya yang dibutuhkan. Sebagai informasi, biaya sekolah pilot tidaklah murah, mulai dari Rp900 juta. Biaya tersebut sebanding dengan berbagai alat-alat yang diperlukan untuk praktek. Sudah menjadi rahasia umum jika bahan bakar dan perawatan pesawat memerlukan biaya yang cukup menguras, maka dari itulah jangan heran jika sekolah penerbangan menghabiskan banyak biaya.

2. Mempersiapkan diri untuk tes seleksi

Sekolah Pilot © 2020 brilio.net

Jika biaya sudah tidak menjadi kendala, hal lain yang perlu untuk diperhatikan adalah mempersiapkan diri dalam tes seleksi. Seperti halnya sekolah pada umumnya, jurusan penerbangan juga memberlakukan tes seleksi masuk. Tujuannya tentu saja mendapatkan kandidat siswa yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Ada beberapa tes yang biasanya dilakukan sekolah penerbangan. Mulai dari tes tertulis (psikotes dan bahasa inggris) kesehatan, dan juga interview.

  • Tes psikotes dan bahasa Inggris

Tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan intelektual calon siswa. Mulai dari kemampuan bahasa Inggris dan psikotest. Tes ini akan diberikan dalam bentuk soal pilihan ganda atau isian. Maka dari itulah tidak ada salahnya untuk mempertajam pengetahuan saat melakukan proses persiapan. Termasuk juga dalam penggunaan bahasa asing, perlu diasah supaya nanti saat dilakukan bisa diselesaikan dengan lebih baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Tes Kesehatan

Kemudian jika sudah lolos tes psikotes dan bahasa Inggris, selanjutnya adalah tes kesehatan. Mulai yang dasar sampai kesehatan secara menyeluruh. Maka dari itu sebelum mendaftar sekolah penerbangan, disarankan untuk melakukan persiapan fisik terlebih dahulu. Diimbangi dengan mendapatkan asupan nutrisi dan pola hidup yang sehat. Supaya tes kesehatan yang dilakukan akan memuaskan.

  • Tes Wawancara

Jika sudah lulus semua tahapan sebelumnya, selanjutnya akan ada interview atau wawancara. Pihak sekolah ingin mengetahui bagaimana kemampuan calon muridnya dalam berkomunikasi. Namun tidak semua sekolah pilot menerapkan tes ini. Tapi ada bagusnya untuk tetap berjaga-jaga supaya nanti bisa mengatasi tes dengan lebih baik.

3. Mempersiapkan persyaratan administrasi

Sekolah Pilot © 2020 brilio.net

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah berbagai berkas pendukung pendaftaran. Supaya tidak terburu-buru, persiapkan semuanya jauh-jauh hari. Karena memang biasanya akan banyak berkas yang dikumpulkan sebagai persyaratan. Mulai dari surat keterangan sehat dari dokter, SKCK (surat catatan kelakuan baik dari kepolisian), surat izin orang tua sampai dengan fotocopy ijazah, KTP, pas foto, KK, dan lain-lain.

Bagi yang masih kebingungan dengan berbagai informasi, Anda bisa mengajukan pertanyaan ke Sekolah-Pilot.com. Ini merupakan konsultan online sekolah pilot swasta yang memiliki partner dari berbagai negara, Indonesia, Amerika, Australia, Filipina sampai New Zealand. Berbagai informasi akan didapatkan secara gratis.