Brilio.net - Sudah sejak awal bulan Januari 2020, berita virus Corona muncul dan menjadi pemberitaan media dunia. Bahkan dilaporkan ratusan orang mengalami kematian akibat infeksi virus Corona di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan wabah virus Corona (Covid-19) sebagai darurat kesehatan masyarakat global.

Hingga kini Covid-19 ini belum ada obatnya, para peneliti di berbagai negara juga tengah melakukan pengembangan perawatan. Hal ini tentunya menjadikan kekhawatiran bagi masyarakat. Bahkan di Inonesia sendiri saat virus ini telah menginfeksi 2 orang. Berita dua WNI postitif Corona tersebut sempat diumumkan oleh Presiden dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Senin (3/3) lalu.

Merebaknya virus Corona yang kian menjadi anacaman ini, kian hari telah memakan banyak korban. Nah, baru-baru ini terdapat sebuah penemuan baru tentang penangkal virus Corona hasil riset dari Universitas Airlangga.

Universitas Universitas Airlangga mengaku telah berhasil menemukan penangkal virus Corona. Dari hasil riset yang telah dilakukan, konsumsi sari rempah-rempah dipercaya dapat menangkal virus Corona. Penemuan hasil riset tersebut dilakukan oleh Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom. Dari hasil risetnya, ia berhasil menemukan penangkal virus Corona dari curcuma.

"Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal virus Corona. Kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kurkumin seperti jahe, kunyit dan temulawak," ujar Nidom, Selasa (18/2) dikutip brilio.net dari merdeka.com, Selasa (3/3).

Loading...

Prof. Nidom pun menjelaskan bahwa untuk menghadapi virus Corona, masyarakat dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung curcuma. Beberapa makanan atau minuman yang mengandung kurkumin, seperti kunyit, jahe dan temulawak.

1. Jahe.

 Rempah tangkal virus © 2020 merdeka.com

foto: freepik.com

Salah satu sari rempah-rempah yang disebutkan dapa diyakini dapat menangkal virus Corona yaitu jahe. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung curcuma seperti jahe dapat membantu menangkal virus Corona.

Masyarakat dapat mengonsumsi jahe dengan olahan makanan atau minuman. Prof. Nidom mengatakan bahwa formulasi yang dibuat tidak jauh berbeda dengan pengunaan kurkumin sehari-hari.

2. Kunyit.

 Rempah tangkal virus © 2020 merdeka.com

foto: freepik.com

Selain jahe, ada pula kunyit. Kunyit juga mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan komponen penting dalam kunyit yang memberikan warna kuning yang khas. Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu penyembuhan beberapa masalah kesehatan seperti maag, perut kembung hingga nyeri haid. Selain itu, kunyit juga dipercaya dapat menangkal virus Corona. Hal ini pun disampaikan oleh Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom.

3. Temulawak.

 Rempah tangkal virus © 2020 merdeka.com

foto: freepik.com

Temulawak dikenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Temulawak mengandung kurkumin 1,60 % - 2,20 %. Selain kurkumin, temulawak juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin, karbohidrat, kalsium dan banyak lagi.

Temulawak memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti sebagai antioksidan, menambah nafsu makan, mengatasi mual, hingga membantu proses metabolisme tubuh.

Selain manfaat tersebut, Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom menemukan manfaat lain dari temulawak, yaitu dapat membantu menangkal virus Corona.