Brilio.net - Beberapa negara melakukan kebijakan lockdown akibat pandemi virus Corona, baik skala nasional ataupun beberapa kota saja. Tidak jarang warga yang tinggal di negara dengan kebijakan lockdown secara panik berbondong-bondong membeli stok makanan untuk kebutuhan sehari-hari. Kepanikan tersebut dapat memicu makin kacaunya suasana, seperti bahan-bahan makanan yang habis hingga beberapa alat kesehatan yang sulit ditemukan.

Seorang warga Italia membagikan sebuah cerita melalui Twitter bahwa betapa tenangnya keadaan di Italia meski lockdown. Warga di sana menghadapi lockdown dengan tenang tanpa kepanikan. Hal ini membuat pasar-pasar di sana memiliki bahan makanan yang banyak, berbeda dengan warga negara lain yang panik dalam menghadapi lockdown. Hal ini perlu dijadikan inspirasi bagi warga yang panik, termasuk warga Indonesia. Waspada boleh, namun kepanikan hanya membuat suasana menjadi makin kacau.

Inilah beberapa potret tenangnya warga Italia dalam menghadapi lockdown yang brilio.net lansir dari borakdaily, Selasa (17/3).

1. Tweet tentang tenangnya warga Italia dalam menghadapi lockdown.

Potret ketenangan warga Itali @hopefulxflo

Loading...

foto: @hopefulxflo

Warga berjalan seperti biasa dengan tenang. Tidak ada kekacauan akibat kepanikan. Dalam foto di atas, arti dari caption tersebut adalah, "Hidup di Italia. Soalnya, tidak ada yang panik. Tidak ada yang membeli banyak barang dan kertas toilet. Tidak ada yang membeli sesuatu dalam jumlah besar. Dan seluruh negara mereka benar-benar terkunci. Lihatlah betapa damai semuanya dan betapa tenangnya mereka. Saya benci AS. Lol."

2. Masih banyak makanan di pasar.

Potret ketenangan warga Itali @hopefulxflo

foto: @hopefulxflo

Meski sedang lockdown, pasar-pasar di sana tetap memiliki bahan makanan yang berlimpah. Ini disebabkan warga Italia tidak panik dan hanya membeli apa yang menjadi kebutuhan esok atau lusa. Seperti caption pada foto di atas yang mempunyai arti, "Tidak ada yang membeli barang penuh, hanya apa yang mereka butuhkan esok atau lusa."

3. Antre dengan tenang dan tertib.

Potret ketenangan warga Itali @hopefulxflo

foto: @hopefulxflo

Warga Italia juga mengantre dengan tenang dan jarak tertentu. Arti pada caption foto di atas adalah, "Semua orang dengan tenang menunggu di pintu masuk dengan jarak terpisah 6 kaki atau 1 meter."