×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
16 Fakta unik mobil yang tak banyak diketahui, bagaimana dengan kamu?

View Image

0

BRILIO » Serius

16 Fakta unik mobil yang tak banyak diketahui, bagaimana dengan kamu?

brilio.net/@yans_brilio

Tahukah kamu berapa banyak jumlah mobil yang kini ada di dunia?

05 / 11 / 2019 03:10

Brilio.net - Mendengar kata mobil, sudah pasti banyak orang dengan gampang membayangan kendaraan roda empat itu. Apalagi di era sekarang, bagi sebagian besar orang, mobil sudah menjadi kebutuhan utama, khususnya buat mereka yang punya mobilitas tinggi.

Sebagai salah satu moda transportasi, mobil bisa mengantarkan kamu ke tempat-tempat wisata atau kota yang letaknya cukup jauh dari tempat tinggal kamu. Terlebih mobil-mobil modern saat ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang membuat kamu merasa makin nyaman, seperti pemutar lagu mp3, pendingin ruangan, dan lain sebagainya.

Terlepas dari fakta bahwa mobil sudah menjadi salah satu alat transportasi utama, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui fakta-fakta menarik seputar kendaraan automobile ini. Yuk, uji seberapa dalam pengetahuan kamu tentang mobil dengan membaca uraian fakta menarik tentang mobil berikut ini.

1. Asal muasal kata mobil 

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

Loading...

jalopnik.com

Tahukah kamu bahwa kata mobil yang merujuk pada kendaraan bermotor dengan roda empat ini ternyata berasal dari dua kata dalam dua bahasa yang berbeda. Mobil sebenarnya merupakan singkatan dari kata automobile, yang bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah kendaraan yang bergerak dengan tenaga sendiri. Automobile ternyata berasal dari dua kata, yaitu auto dari Bahasa Yunani, dan mobile dari Bahasa Perancis. Ini tentunya jadi salah satu fakta yang mengejutkan. Apalagi selama ini banyak dari kamu mengira bahwa kata tersebut berasal dari Bahasa Inggris. Sebaliknya kata car yang merupakan Bahasa Inggris dari mobil berasal dari Bahasa Latin yaitu carrus yang berarti gerobak beroda dua.

2. Penemu automobile pertama

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

heacockclassic.com

Tahukah kamu siapa penemu dari mobil? Seorang desainer mesin berdarah Jerman yang bernama Karl Benz adalah orang pertama yang berjasa dalam menemukan automobile. Cikal-bakal dari mobil ini dirancang dan dikembangkan Benz pada tahun 1885. Bentuk dari automobile ini tentu jauh dari penampilan mobil modern saat ini. Mobil tersebut memiliki rupa yang lebih menyerupai rickshaw atau kereta dorong yang didukung dengan tiga roda berukuran besar. Automobile ciptaan Benz ini merupakan automobile pertama yang bergerak dengan menghasilkan energi mesin. Kala itu, automobile itu disebut dengan Benz Patent Motorwagen.

Kemampuan berlari dari automobile ini tentu jauh lebih lambat dibanding mobil modern. Automobile ini hanya mampu berlari dengan kecepatan 16 km per jam. Namun di saat itu, kecepatan tersebut sudah tergolong patut diacungi jempol. Sejak saat itu, semakin banyak penemu yang menyempurnakan penemuan Benz tersebut dan mengembangkannya hingga menjadi bentuk mobil yang kita ketahui sekarang ini.

3. Siapa penyempurna mobil hingga menjadi bentuk yang kita ketahui sekarang?

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

unusual-cars.com

Pastinya kamu penasaran bukan dengan sosok yang mampu mengembangkan konsep Karl Benz hingga menjadi wujud mobil yang kita kenal sekarang? Semuanya berkat jasa Henry Ford, yang menciptakan mobil dengan bentuk huruf T pada tahun 1908. Mobil yang dilabeli dengan merk Ford ini merupakan mobil pertama yang diproduksi dan dijual secara massal. Model mobil T yang didesain Henry Ford ini ditiru pabrik mobil lain hingga tahun 1916.

4. Perjalanan jarak jauh pertama dengan menggunakan automobile 

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

mercedes-benz.com

Selama beberapa tahun, automobile digunakan untuk berkendara dalam jarak dekat. Namun untuk pertama kalinya, istri Karl Benz yang bernama Bertha Benz dan kedua anak laki-lakinya melakukan debut perjalanan jarak jauh pertama pada Agustus 1888. Mereka melakukan perjalanan jarak jauh tersebut menggunakan automobile dari Mannheim yang terletak di ujung selatan Jerman hingga kota Pforzheim. Sejak saat itu, semakin banyak pula orang yang berganti dari kereta kuda ke automobile untuk mengakomodasi perjalanan jarak jauh mereka.

5. Amerika Serikat mengawali adanya lampu lalu lintas elektrik pertama

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

indianeagle.com

Segera setelah automobile menjamur di kalangan masyarakat, pihak berwajib pun memutuskan mendirikan lampu lalu lintas dengan tenaga elektrik pertama di Ohio Amerika Serikat. Lampu elektrik tersebut didirikan di bagian ujung Euclid Avenue dan sebelah Timur 105th Street Cleveland. Lampu lalu lintas tersebut pertama kali beroperasi pada tahun 1914. Sedangkan marka jalan yang menandakan “Jangan Belok Kiri” pertama kali diberlakukan di kota New York pada tahun 1916.

6. Ada berapa banyak mobil di dunia?

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

autoevolution.com

Tahukah kamu berapa banyak jumlah mobil yang kini ada di dunia? Menurut statistik yang dirilis pusat riset Bernstein, saat ini terdapat lebih dari 1,2 miliar mobil yang beroperasi di dunia ini. Hal ini tentunya menunjukkan peningkatan jumlah yang sangat signifikan jika dibanding dengan jumlah mobil pada tahun 1986. Pada tahun tersebut, jumlah mobil yang beredar hanya sekitar 500 juta unit. Perusahaan otomotif raksasa Toyota dari Jepang saja sudah memproduksi total lebih dari 3 miliar unit mobil pada tahun 2014. Diperkirakan di tahun 2040 mendatang, jumlah mobil yang beredar akan mencapai lebih dari 2 miliar unit.

7. Transmisi mobil manual adalah hal yang asing di Amerika Serikat

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

bimmer-mag.com

Di Negeri Paman Sam, para penduduknya akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan sistem transmisi mobil manual. Inilah mengapa sebanyak 95% mobil cetakan Amerika Serikat menggunakan sistem auto transmisi. Hal ini sangatlah kontras jika dibanding mobil asal pabrikan otomotif Eropa maupun Jepang yang menggunakan sistem transmisi manual.

8. Mengendarai di sebelah kanan atau sebelah kiri?

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

radiotoday.com.au

Bila kamu berada di Amerika Serikat, peraturan berkendara di sebelah kiri sudah menjadi hal lumrah yang ditaati seluruh warga negara. Namun hal tersebut sangatlah berlawanan jika kamu berkunjung ke negara-negara lainnya (terutama di Indonesia). Indonesia sendiri menganut peraturan berkendara di sisi jalan sebelah kanan. Sebanyak 65% negara di seluruh dunia juga menganut peraturan ini. Jadi tidak mengherankan jika banyak warga negara Amerika Serikat yang kagok saat pertama kali menyetir di negara asing.

9. Sebagian besar mobil ternyata bisa didaur ulang

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

letsrecycle.com

Dengan meningkatnya produksi mobil, semakin besar pula tantangan dalam menghadapi limbah mobil rongsokan yang tidak lagi digunakan. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya 80% mobil di dunia ini bisa didaur ulang? Kamu dapat mengambil contoh di Amerika Serikat. Di negara tersebut, 12 juta kendaraan bermotor berhasil didaur ulang setiap tahun. Kebiasaan mendaur ulang kendaraan bermotor ini menjadi salah satu industri dengan perkembangan yang paling pesat di Amerika Serikat. Ini tentunya bisa ditiru masyarakat Indonesia. Apalagi mengingat daya konsumtif masyarakat terhadap produk mobil pun cukup tinggi.

10. Putih adalah warna mobil terfavorit

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

autoevolution.com

Tahukah kamu mengapa kebanyakan mobil memiliki warna putih sebagai opsi warna dasar? Ternyata ini berasal dari penelitian pada tahun 2013 yang diselenggarakan suatu badan riset di Australia mengenai warna mobil yang paling disukai warga di sana. Hasil studi menunjukkan bahwa warna putih menjadi warna yang paling unggul di antara warna lain. Penyebabnya adalah karena warna putih adalah warna yang gampang tertangkap mata sehingga mobil ini jauh lebih jarang terlibat dalam kecelakaan. Selain itu, mobil putih juga cenderung sangat mainstream sehingga mobil dengan warna ini lebih jarang menarik perhatian dari pelaku curanmor. Bagaimana menurut kamu?

11. Ada jeda 3 detik sebelum terjadi kecelakaan mobil

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

caranddriver.com

Kecelakaan mobil seringkali terjadi sangat cepat dan tidak terduga. Nyatanya, ada jeda waktu selama 3 detik setelah pengemudi lengah yang memicu terjadinya kecelakaan. Itulah mengapa para pengemudi sangat diwajibkan untuk berkonsentrasi penuh selama mengemudikan mobil. Aktivitas yang membuat perhatian pengemudi teralihkan dapat memperbesar risiko terjadinya kecelakaan. Contohnya, jika kamu mengutak-atik smartphone untuk menjawab chat selama mengemudi dapat meningkatkan risiko kecelakaan sebanyak 23 kali lipat. Jadi, pastikan bahwa kamu tetap waspada, ya

12. Industri automobile sempat menjadi motor penggerak perekonomian di Amerika Serikat

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

www.axios.com

Tepatnya pada tahun 1982 terjadi revolusi industri secara besar-besaran. Pada masa itu, banyak bermunculan industri yang membantu negara Amerika Serikat untuk memajukan perekonomian. Salah satu dari 6 industri besar di Amerika Serikat saat itu adalah industri automobile. Pada masa itu, industri ini menyerap tenaga kerja yang sangat besar. Sehingga tidak hanya membantu menggerakkan roda perekonomian, industri ini juga membantu mengurangi masalah pengangguran.

13. Mobil elektrik ternyata bukan barang baru

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

commons.wikimedia.org

Munculnya mobil elektrik memang sangat menggemparkan dan banyak yang menyanjungnya sebagai terobosan otomotif terkini di abad ini. Namun sebenarnya, konsep mobil elektrik ini sudah ada sejak tahun 1834. Mobil elektrik pertama ditemukan Thomas Davenport, yaitu seorang pandai besi yang berasal dari Vermont Amerika Serikat. Pada masa itu, ia menciptakan motor penggerak elektrik untuk menggerakkan lokomotif kecil. Bahkan di Norwegia, mobil elektrik dan mobil hybrid sudah menjadi barang lazim.

14. Aroma mobil baru ternyata beracun!

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

consumerreports.org

Saat membeli mobil baru, pasti hal pertama yang kamu lakukan adalah mencium aroma dari mobil tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa aroma mobil baru adalah salah satu aroma yang paling menyenangkan di dunia ini. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata aroma tersebut beracun? Bau tersebut berasal dari campuran material organik yang digunakan dalam produksi mobil. Hingga saat ini, banyak perusahaan mobil yang berusaha untuk mengurangi aroma mobil tersebut.

15. Pengemudi mobil di Pennsylvania harus berhenti setiap mil saat berkendara di jalur perdesaan

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

getawaymavens.com

Ini adalah hal yang harus kamu ketahui seandainya berkunjung dan mengemudi di Pennsylvania. Jika melewati jalur perdesaan, maka kamu harus berhenti setiap satu mil dan mengirimkan sinyal. Kamu juga wajib menunggu selama 10 menit hingga hewan-hewan ternak yang melintas sudah menyeberang semuanya dengan selamat. Peraturan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya tabrakan antara mobil dengan hewan ternak yang sering melewati jalanan perdesaan ini. Karena hewan ternak merupakan aset utama dari para peternak Pennsylvania, menabrak hewan tersebut tentu akan mengakibatkan kamu harus membayar denda.

16. Kamu akan ditahan jika mengendarai mobil kotor di Rusia

Fakta Mobil © 2019 brilio.net

Twitter @FCOtravel

Sebelum berkendara di Rusia, pastikan bahwa mobil kamu sudah benar-benar bersih! Karena jika mengendarai mobil yang kotor, maka pihak berwajib memiliki kewenangan untuk menahan kamu lho. Walaupun hingga saat ini, tidak diketahui alasan mengapa peraturan tersebut bahkan diberlakukan.

Adakah fakta-fakta unik lainnya tentang mobil yang kamu ketahui?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more