Brilio.net - LINE memang dikenal sebagai smartportal yang selalu melibatkan penggunanya untuk berkontribusi di konten yang dibikinnya. Setelah mengumumkan kompetisi LINE Developer Challenge 2017 pada 2 Februari lalu, LINE Indonesia telah menjaring sebanyak 399 developer lokal di seluruh Indonesia untuk berinovasi dan berkarya dalam pengembangan BOT pada platform LINE.

LINE Developer Challenge 2017 merupakan kompetisi pengembangan BOT pertama dari LINE di Indonesia dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding. Pendaftaran kompetisi telah dibuka sejak 2 Februari 2017 dan ditutup pada 31 Maret 2017, sedangkan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 13 April 2017 lalu.

LINE Developer challange 2017 © 2017 brilio.net

LINE Developer Challenge merupakan sebuah kompetisi terbuka bagi para developer Tanah Air baik individu, pelajar, maupun kelompok untuk mengembangkan BOT pada platform LINE menggunakan LINE@ Messaging API (LINE ChatBot) yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap teknologi. Kompetisi ini merupakan sebuah terobosan dan solusi bisnis untuk mengembangkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami percaya bahwa para developer Indonesia adalah talenta kreatif yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik melalui inovasi-inovasi mereka yang luar biasa," ujar Ongki Kurniawan selaku Managing Director LINE Indonesia belum lama ini.

Loading...

LINE Developer challange 2017 © 2017 brilio.net

Akan tetapi para developer lokal ini masih menghadapi banyak tantangan. Oleh karena itu kami menginisiasikan LINE Developer Challenge pertama di Indonesia sebagai upaya untuk menjadi pemimpin di inovasi chatbot serta memberikan wadah bagi para developer untuk dapat menyalurkan dan mengembangkan potensinya.

"Karena itu, kami menginisiasikan LINE Developer Challenge pertama di Indonesia sebagai upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chatbot serta memberikan wadah bagi para developer untuk dapat menyalurkan dan mengembangkan potensi mereka," imbuh Ongki.

LINE berhasil menyaring 12 terbaik dari 399 developer yang terbagi pada tiga kategori yakni Utilitas untuk bot yang membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah, Game yang merupakan bot interaktif serta bisa saling mendekatkan antar pengguna dan Student.

LINE Developer challange 2017 © 2017 brilio.net

Keduabelas developer terbaik itu masing-masing adalah Hello Yuu, GetDiskon, Cek-Resi Bot, dan MakanYuk! Untuk kategori utilitas, Pablow, LoveGet!, Hi Yuri, dan Othello untuk kategori game, serta LibraryPedia, Leptons, Tanya Jalan, dan Qiwi Portal untuk kategori student. Semua peserta yang berhasil mencapai tingkat ini berhasil memenangkan total hadiah sebesar Rp 800 juta.

"Ke depannya kami berencana merekrut talenta lokal, termasuk developer untuk membantu kami memformulasikan inovasi terkini bagi pengguna di Indonesia," pungkasnya.