Brilio.net - Hajatan pesta demokrasi memang selalu menarik untuk diikuti, sayangnya selalu ada orang yang memilih untuk golput dalam perhelatan akbar ini. Tak kurang akal, demi menekan angka golput, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tanah Air berusaha menarik perhatian warga agar memberikan hak pilihnya dengan mendekorasi TPS, menyajikan lantunan lagu bahkan menggunakan kostum tertentu.

Nah, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (15/2) 10 TPS unik yang pernah mewarnai perhelatan pesta demokrasi di Indonesia.

1. TPS Pengantin di Bengkulu.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

Saat pilkada serentak Desember 2015 lalu, TPS 1 Kelurahan Pintu Batu, Kota Bengkulu, terlihat sesuatu yang berbeda. Para petugas KPPS mendirikan TPS berkonsep pesta pernikahan. Para panitianya bahkan mengenakan pakaian adat Bengkulu saat melayani pemilih.

Loading...

2. TPS Koboi Di Surabaya.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

Petugas KPPS di TPS 11 Kelurahan Pulosari, Kecamatan Gunungsari, Kota Surabaya, Jawa Timur, saat pilkada serentak Desember 2015 lalu, bergaya unik dan tampil gagah dengan tema ala koboi. Mereka berdandan menggunakan setelan lengkap, mulai topi, baju, hingga segala pernak-pernik koboi

3. TPS Arja Cupak Gerantang di Bali.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

Dari 574 TPS di Badung, Bali suasana TPS 8 Banjar Blungbang paling berbeda. Suasana adat dan budaya Bali sangat kental. Hal tersebut bukan hanya karena para pemilih mengenakan pakaian adat madya, tetapi juga didukung KPPS yang mengenakan seragam Arja Cupak Gerantang saat perhelatan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Badung periode 2016-2020.

4. TPS Jazz di Malang

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

foto: Youtube.com/ngalamnews

Terdengar alunan musik jazz jawa di salah satu TPS yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang digelar di sebuah kafe pada pilkada yang digelar Desember 2015 lalu. Ternyata musik tersebut sengaja diputar untuk menambah suasana rileks dan membuat nyaman pemilih yang datang. Tidak hanya itu, para petugas KPPS pun mengenakan pakaian adat Jawa, konsep dan desainnya juga bernuansa tradisional.

5. TPS bertema Piala Dunia di Surabaya.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

foto: cakrawalaunik.blogspot.co.id

Saat perhelatan Pilpres 2014 lalu, di TPS 45 di kelurahan Krembangan, Surabaya terlihat semarak dengan atribut Piala Dunia 2010. Ternyata perhelatan piala dunia memang sengaja dipilih untuk menjadi tema utama dalam menata tempat tersebut.

6. TPS Arung Jeram di Semarang.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

TPS 2 Kelurahan Kandri di Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah saat Pilkada tahun 2015 lalu memilih nuansa pecinta alam untuk menarik perhatian warga. Para petugas KPPS berdandan ala pecinta alam yang akan melakukan arung jeram di sungai, lengkap dengan pelampung dan juga helm.

7. TPS wayang di Sidoarjo.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

Konsep yang dipilih TPS 19, Aloha, Kota Sidoarjo juga tak kalah menarik. Di TPS ini, anggota KPPSnya sepakat untuk mengenakan kostum tokoh wayang saat bertugas pada pilkada tahun 2015 lalu.

8. TPS Bus di Solo.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

foto: antaranews.com

Jika biasanya TPS digelar di salah satu rumah warga atau pejabat, di Kampung Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Kota Solo ini berbeda. Tepatnya di TPS 7 Tegalmulyo, saat Pilkada 2015 lalu para pemilih memberikan suaranya di dalam bus yang telah disiapkan oleh panitia. Di dalam bus terdapat beberapa bilik pengisian suara bertulisan KPU. Tak hanya itu, sebelum mencoblos para pemilih juga akan dipanggil dengan pukulan gong.

9. TPS bertema adat Sunda di Bandung.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

foto: Twitter/@ronronnytan

Saat Pileg 2014 lalu TPS Kecamatan Cibeunying Kaler, Bandung sengaja dibuat dengan konsep etnik. Selain hiasan khas Sunda, panitia TPS juga mengenakan pakaian tradisional. Di pintu masuk para pemain kecapi, suling serta pesinden juga mendendangkan lagu khas pedesaan di Tanah Sunda.

10. TPS Hantu di Surabaya.

10TPS unik indonesia © 2017 brilio.net

foto: alayovims.blogspot.com

Ada penampakan pocong, mummi, vampir dan hantu lainnya di di TPS 43, Kelurahan Moro Krembang, Surabaya saat Pilpres 2014 lalu. Eits, bukan hantu beneran kok. Penampakan unik itu ternyata adalah petugas KPPS TPS yang memang berkostum hantu.