Brilio.net - Datangnya bulan puasa tidak lepas dari tradisi membangunkan sahur warga sekitar. Kegiatan membangunkan sahur sejak dulu identik dengan cara menabuh drum dan bunyi sambil berkeliling kampung. Selain itu, masjid-masjid sekitar rumah biasanya mengingatkan untuk sahur.

Aktivitas membangunkan sahur yang seharusnya membantu justru dinilai mengganggu. Hal ini lantaran membangunkan sahur dilakukan dengan volume yang terlalu keras.

Hal serupa ternyata juga dirasakan oleh Zaskia Adya Mecca. Istri Hanung Bramantyo ini menyampaikan keheranannya soal cara membangunkan sahur lewat pengeras suara masjid.

Sembari membagikan video, Zaskia yang merasa terganggu meluapkan curahan hatinya. Zaskia mempertanyakan etika saat membangunkan sahur yang menurut sebagian orang sedang hits saat ini.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini??," tulis Zaskia seperti dikutip brilio.net pada Jumat (23/4).

Zaskia keluhkan sahur © Instagram

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Menurutnya, suara tersebut cukup mengganggu apalagi bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa.

"Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang lain tidak menjalankan Sahur?!," lanjut aktris 33 tahun tersebut.

Bagi Zaskia, cara membangunkan sahur seperti yang dilakukan di masjid dekat rumahnya itu membuatnya kaget. Ia bahkan heran saat mendengar bahwa cara tersebut memang sedang marak dilakukan.

"Beneran bingung ini masjid deket rumah. Pas aku agak kaget-kaget denger di hari pertama, lingkungan pada bilang 'lagi hits bangunin model gitu'," ungkap Zaskia.

Zaskia keluhkan sahur © Instagram

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Zaskia pun menilai jika cara membangunkan sahur lewat toa masjid dengan suara nyaring atau teriak tidak etis. Ia juga mengungkap bahwa hal itu tidak menghargai orang lain.

"Aku yang asing, atau situasi yang semakin asing ya. Buat ku kok enggak lucu, enggak etis, enggak menghargai orang lain. Buat kamu gimana, apa aku yang terlalu serius?" pungkasnya.

Sontak unggahan Zaskia tersebut langsung ramai akan komentar. Banyak dari beberapa rekan seleb yang setuju dan turut mengomentari postingan Zaskia.

Zaskia keluhkan sahur © Instagram

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

"Sungguh mengganggu dan merusak suasana ramadhan yang seharusnya syahdu. Sepi penuh perenungan. Membayangkan bagaimana Al-Quran turun di antara heningnya Goa Hira di bulan Ramadhan," ujar Arie Kriting.

"Astaghfirullahaladzim," tulis Ayushita.

"Nyebelin bgt. Gw aja yg saur ga mau dibangunin begini," timpal Senandung Nacita.

Sementara itu, tak sedikit warganet yang menganggap bahwa cara membangunkan sahur seperti itu adalah hal yang biasa.

"Di tempatku jg gini bia. Malah ada salah satu masjid di absenin tuh nama kepala KK nya misal bapak slamet ayo bangun , bu iik ayo sahur bu dll nya," ujar @ulinayye.

"Klo di kampung uda dr jaman dulu mba , klo ga ada yg bangunin lwat speaker masjid malah aneh aja Udah tradisi malah hhehhe," imbuh @desiprefikaduri.

"Lebay ah.. Seru yg ada, toh cuma ramadhan aja, gak tiap hari dalam setahun..," timpal @shanyarishandy.

(brl/far)

(brl/far)