Brilio.net - BPJS Kesehatan, program jaminan kesehatan nasional Indonesia, telah menjadi penyelamat bagi jutaan masyarakat. Namun, di balik manfaatnya yang besar, keluhan tentang antrean panjang di layanan BPJS Kesehatan masih sering terdengar. Banyak faktor yang mempengaruhinya, boleh jadi karena tingginya volume peserta, keterbatasan fasilitas, atau memang sistem yang belum optimal.

Hal itulah yang dirasakan oleh Ikang Fawzi lewat akun Instagramnya. Aktor dan penyanyi tanah air tersebut menyampaikan curhatan hatinya yang harus mengantre BPJS Kesehatan selama seharian. Kisahnya bisa dilihat lewat video yang diposting dengan username @ikangfawzi.

Ikang Fawzi seharian antre BPJS © TikTok

foto: Instagram/@ikangfawzi

Lewat curhatannya itu, ia mengatakan sedari pagi sudah mengantre di Kantor BPJS Kesehatan daerah Tangerang Selatan. Ikang juga menunjukkan suasana antrean panjang di kantor tersebut. Namun, alih-alih langsung mendapat pelayanan, ia baru bisa mengurus sesuatu di sore hari.

"Hai hari ini dari pagi gua ngantri di BPJS Kesehatan di Tangsel di BSD."

Tidak tanggung-tanggung, aktor senior tersebut harus menunggu selama 6 jam untuk sampai waktu antriannya. Dari jam 9 pagi ia datang di kantor tersebut, jam 3 sorenya nomor antrian Ikang juga masih belum terpanggil. Diketahui ketika video tersebut diambil, yang dipanggil adalah nomor antrian 77. Sementara Ikang memegang nomor 83.

"Ngantri dari jam 9nan baru dapet jam 3an. Ini juga belum sebentar lagi," terangnya.

Ikang Fawzi seharian antre BPJS © TikTok

foto: Instagram/@ikangfawzi

Ia mengatakan bahwa BPJS kesehatan ini adalah produk yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Indonesia. Karena itu, Ikang berharap pelayanannya dapat segera mengalami perbaikan. Tujuannya tentu agar masyarakat Indonesia nyaman untuk menggunakan program jaminan kesehatan pemerintah tersebut.

"Ini produk sangat dibutuhkan buat rakyat Indonesia. Dan semoga makin baik produknya dan pelayananya main baik," katanya.

Ikang pun menyadari betul bahwa untuk mengantre seperti ini yang bisa dilakukan hanyalah bersabar. Apalagi meskipun ia aktor senior dalam hal BPJS, posisinya sama seperti rakyat pada umumnya.

"Sabar-sabar, namanya juga rakyat. harus sabar," ujarnya.

Curhatannya tersebut menjadi viral di media sosial. Phak BPJS kesehatan memberi tanggapan dari postingan Ikang tersebut. Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Tiasa Nugraha Arsapina mengatakan bahwa hal itu terjadi karena berkaitan dengan libur panjang dan cuti bersama pada 9 Mei lalu.

"Peserta membludak yang datang ke kantor untuk melakukan layanan administrasi kepesertaan pada hari Senin 13 Mei 2024, karena tertunda selama 4 hari libur sebelumnya tersebut," ujarnya kepada wartawan.

Ikang Fawzi seharian antre BPJS © TikTok

foto: Instagram/@ikangfawzi

Tiasa juga menyampaikan permohonan maaf atas pelayanan yang kurang maksimal. Ia mengaku akan berusaha untuk meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat menjadi nyaman dalam mengurus BPJS Kesehatan

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan peserta yang datang ke kantor pada hari tersebut, yang mungkin harus menunggu lebih lama dari biasanya," terangnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ikangfawzi (@ikangfawzi)