Brilio.net - Kegemerlapan dunia hiburan ternyata tak selamanya bisa dinikmati semua artis. Meski memiliki popularitas tinggi dan harta berlimpah, tapi mereka sadar dunia artis tak selamanya menjamin hidup.

Hal ini lah yang dialami beberapa artis Tanah Air. Kini mereka mengurangi aktivitasnya di dunia entertainment, bahkan ada yang sepenuhnya meninggalkan dunia entertainment.

Para artis ini justru terlihat menyibukkan diri dengan kegiatan lain. Tak melulu membuka bisnis, mereka mencoba peruntungan dengan bertani di kampung halaman.

Siapa saja artis yang meninggalkan dunia keartisan dan beralih profesi jadi petani? Berikut daftarnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/9).

1. Azis Gagap

seleb ini beralih profesi jadi petani dari berbagai sumber

foto: Instagram/@ajis_gagap22

Komedian papan atas, Azis Gagap sempat mengumumkan mundur dari panggung hiburan. Setelah keluar dari Opera Van Java (OVJ), kini dirinya memilih pulang kampung.

Azis ternyata memiliki beberapa kolam budidaya ikan lele, nila dan gurame untuk dijual, serta mengelola pertanian untuk menunjang perekonomian pondok pesantrennya. Para santri diberi kegiatan menanam pohon kamboja dan tanaman hias lainnya yang nantinya juga akan dijual.

2. Ken Ken

seleb ini beralih profesi jadi petani dari berbagai sumber

foto: YouTube/BPPSDMP KEMENTAN RI

Ken Ken merupakan salah satu aktor yang namanya mulai melejit sejak membintangi film Wiro Sableng di tahun 1990-an. Tak jauh berbeda dengan Azis Gagap, pemilik nama asli Herning Sukendro ini mundur dari dunia hiburan dan memutuskan untuk menjadi petani sayuran di kampung halamannya.

Saat menjadi artis, ia sempat terjerumus memakai narkoba dan bangkrut karena obat-obatan terlarang itu. Ken Ken menjual semua hartanya, termasuk rumah dan mobil. Pria berusia 64 tahun itu berutang sana-sini demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beruntungnya ia mampu bangkit dari keterpurukan. Ken Ken akhirnya menjadi petani di sebuah desa terpencil di wilayah Cimande, Caringin, Bogor.

3. Akri Patrio

seleb ini beralih profesi jadi petani dari berbagai sumber

foto: Instagram/@ustadzakriepatrio

Siapa yang tidak kenal dengan komedian Muhammad Akri Falaq atau yang lebih akrab di sapa Akri Patrio? Namanya terkenal sebagai anggota gruk lawak Patrio bareng Parto dan Eko.

Kini dirinya memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan dan menjadi seorang pendakwah. Selain itu, dirinya juga sibuk bertani dan beternak kerbau di kampung halamannya. Akri ikut mengurusi hewan ternaknya sendiri, mulai dari mencari pakan ternak hingga membersihkan kandang.

4. Mark Sungkar

seleb ini beralih profesi jadi petani dari berbagai sumber

foto: Instagram/@marksungkar

Mark Sungkar sejak dulu lebih terkenal sebagai petani daripada artis. Ayah Shireen dan Zaskia Sungkar itu bahkan disebut salah satu pejuang bagi pertanian di Indonesia. Ia telah berkecimpung di dunia pertanian sejak usianya sangat muda. Dirinya bahkan sudah meneliti sistem akuaponik selama lebih dari 25 tahun.

Setelah pernikahan ketiganya, Mark memutuskan untuk pindah ke daerah Puncak. Di sana, ia mulai fokus menggeluti dunia petani dan budidaya tanaman hidroponik.

5. Narji Cagur

seleb ini beralih profesi jadi petani dari berbagai sumber

foto: Instagram/@narji77

Semenjak pandemi Covid-19, Narji memutuskan untuk bertani. Pelawak yang dikenal sebagai anggota grup lawak Cagur ini menemukan lahan kosong dan mengolahnya bersama beberapa tetangga di sekitar rumahnya.

Sayuran yang ditanam Narji bersama tetangganya mulai menghijau beberapa bulan kemudian. Narji sempat membanggakan hasil pertaniannya ini melalui video di kanal YouTube-nya.

6. Novi Listiana

seleb ini beralih profesi jadi petani dari berbagai sumber

foto: Instagram/@novilisty_

Penyanyi dangdut Novi Listiana dulu terkenal dengan penampilan busananya yang terbuka dan seksi. Gadis asal Boyolali, Jawa Tengah yang telah merintis kariernya sejak 2014 kini justru memilih berhijrah dengan berjilbab dan beralih profesi sebagai petani. Terlihat dalam video yang diunggahnya di akun TikTok, ia tampak asik membagikan aktivitas barunya saat sedang bertani.

-

INFOGRAFIS SELEB ALIH PROFESI JADI PETANI © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS SELEB ALIH PROFESI JADI PETANI
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan