Brilio.net - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberi sorotan khusus pada dua program bertema Ramadan, yakni Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadan yang tayang di ANTV. Ramadan tahun 2018 lalu, dua program ini termasuk dari lima program yang MUI rekomendasikan untuk dihentikan tayangannya. Namun tahun ini dua acara tersebut masih tayang.

"Karena kontennya yang buruk, apalagi untuk bulan Ramadan. Tahun ini tetap tayang dan tanpa perubahan isi secara signifikan," kata Ketua MUI Bidang Indormasi dan Komunikasi, KH Masduki Baidlowi, di Jakarta seperti brilio.net kutip dari laman resmi MUI pada Rabu (29/5).

Masduki menambahkan, ada tiga program TV Ramadan lainnya yang direkomendasikan untuk berhenti pada Ramadan 2018 lalu. Di antaranya adalah Rumah Uya (Trans 7), Brownis Sahur (Trans TV) dan Ngabuburit Happy (Trans TV). Ketiga acara tersebut tahun 2019 ini sudah tidak tayang lagi.

ayu ting ting ditegur mui ©Instagram/@ayutingting92

foto: Instagram/@ayutingting92

Loading...

"Tapi Sahurnya Pesbukers dan Pesbukers Ramadan masih tayang Ramadan 2019 ini dan tetap dengan gaya konten yang tidak patut," katanya.

Beberapa acara tersebut diramaikan host Ayu Ting Ting. Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Kamis (30/5) dalam konferensi pers di kantornya, MUI memberikan contoh bagaimana acara Pesbukers dianggap kurang pantas ditayangkan. Salah satunya adalah saat Ayu Ting Ting disindir menikmati status jandanya.

"Ayu Ting Ting menikmati status jandanya, yang membandingkan badannya gadis atau janda. Status jandanya dinikmati," ujar Rida Hesti, salah satu perwakilan dari MUI.

ayu ting ting ditegur mui ©Instagram/@ayutingting92

foto: Instagram/@ayutingting92

Tak hanya Ayu Ting Ting, Eko Patriojuga disentil. Dalam salah satu tayangan, Eko Patrio dituding telah merendahkan harkat seorang wanita.

"Kemudian dialog Eko Patrio yang merupakan anggota dewan, dalam satu dialog melecehkan perempuan, 'Wanita gampang, tinggal bilang ah ah dan menunjukkan kantong bagian belakang'. Seakan-akan wanita itu murah," lanjut Rida Hesti.

Bukan kali pertama acara variety show ini mendapat teguran dari MUI. Pada tahun lalu, Pesbukers juga sudah mendapat sentilan. Namun, seolah tak peduli tayangan ini tetap memperlihatkan adegan yang kurang pantas apalagi di bulan Ramadan. Pada episode pertengahan Mei lalu, ada adegan Raffi Ahmad memeluk Zaskia Gotik.