Brilio.net - Penabuh drum grup band The Offspring, Pete Parada harus menelan kenyataan pahit akibat keputusan menolak divaksin Covid-19. Pete Parada terpaksa harus dikeluarkan dari bandnya. Tentu ini bukan hal mudah untuk dirinya, namun aturan pemerintah mewajibkan setiap orang divaksin dan menjadi syarat untuk melakukan perjalanan, maka tak ada yang bisa dia lakukan.

Kejadian yang membuat Pete Parada ini sedih pun dituangkan lewat unggahan Instagram pribadinya. Dia menjelaskan, bukan tanpa alasan dirinya menolak vaksin, hal ini bersangkutan dengan kondisi kesehatannya.

"Aku mendapatkan sejumlah ketidakberuntungan dan berita yang sulit aku bagikan. Aku tahu beberapa dari teman dekatku dan keluarga akan lebih senang mendengar berita ini secara personal lebih dulu dan aku meminta maaf pada khalayak umum atas pengumumanku, tapi aku tidak tahu bagaimana caranya agar tidak mengatakan ini berulang kali," tulis Parada.

Pete Parada Drummer The Offspring dikeluarkan dari band Berbagai sumber

foto: nme.com

Pria berusia 48 tahun itu pun memberitahu publik alasan dirinya menolak vaksin. Selain karena saran dokter mengingat kondisi kesehatannya, Pete Parada juga sudah pernah mengidap Covid-19 tahun lalu sehingga dia merasa bisa menghadapi virus itu tanpa harus buru-buru divaksin.

"Menimbang catatan kesehatan pribadiku dan efek sampingnya (vaksin), dokterku menyarankanku untuk tidak melakukan vaksinasi saat ini. Aku pernah terkena virus itu (Covid-19) satu tahun lalu dengan gejala ringan, jadi aku percaya diri bahwa aku bisa menghadapi virus itu lagi," lanjutnya.

Pete Parada pun khawatir jika efek samping bisa berdampak pada kondisi kesehatannya.

"Tetapi aku tidak yakin apakah aku bisa bertahan menghadapi efek samping dari vaksin yang bisa berimbas pada Guillain-Barré Syndrome yang aku hadapi sejak kecil dan telah memburuk selama aku hidup. Sayangnya untukku (dan keluargaku, yang berharap dapat berkumpul lebih lama) resikonya lebih berat ketimbang keuntungannya," ujarnya.

Pete Parada Drummer The Offspring dikeluarkan dari band Berbagai sumber

foto: Instagram/@peteparada

Musisi yang tampil bersama bandnya sejak 2007 itu sudah memikirkan semuanya, mengingat vaksin menjadi syarat untuk melakukan perjalanan maka akan sulit sekali bagi dirinya jika tetap berada di band tersebut. Bahkan untuk masuk ke studio saja, bukti vaksinasi sangat dibutuhkan.

"Karena aku tidak bisa memenuhi syarat yang ditetapkan industri yang belakangan memutuskan bahwa aku tidak aman berada di studio dan tur. Aku umumkan bahwa kalian tidak akan melihatku lagi di berbagai pertunjukan ke depan," ujarnya.

Meski dikeluarkan dari grup bandnya, dia tidak menyimpan dendam sama sekali. Parada akan tetap bermusik, bahkan Pete Parada mengumumkan akan membuat sebuah proyek musik bersama anaknya.

"Aku tidak mempunyai perasaan negatif pada bandku, mereka melakukan apa yang mereka percaya terbaik untuk mereka, di waktu yang sama aku juga melakukan hal yang sama," katanya.

"Aku tengah menyiapkan peluncuran proyek dan karya musik baru dengan anakku, jadi tunggulah," ungkapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pete Parada (@peteparada)

 

Dalam pernyataannya, Parada juga mengatakan bahwa dia ingin membagikan kisahnya agar orang-orang di luar sana merasa tidak sendirian.

"Agar siapa pun yang mengalami penderitaan dan keterasingan karena tertinggal sekarang tahu bahwa mereka tidak sepenuhnya sendirian," kata Parada.

"Ada banyak orang (seperti saya) yang menganggap suntikan ini memiliki risiko lebih besar daripada virus,"tulisnya.

"Sebagian besar dari kita tidak secara terbuka membagikan keputusan pribadi yang kita buat dengan pertimbangan secara hati-hati dengan dokter kita. Kami tahu ini bukan percakapan yang mudah untuk dibuka."

"Saya harap kita bisa belajar untuk memberi ruang bagi semua perspektif dan ketakutan yang terjadi saat ini," tambahnya.

"Mari kita hindari kecenderungan yang tidak menguntungkan untuk mendominasi, tidak manusiawi, dan saling meneriaki. Penduduk yang ragu-ragu bukanlah kelompok yang monolitik. Semua suara layak untuk didengar," pungkas Pete Parada.

Pete Parada Drummer The Offspring dikeluarkan dari band Berbagai sumber

foto: Instagram/@peteparada

Pada bulan April 2021, The Offspring merilis album studio kesepuluh mereka, 'Let the Bad Times Roll', yang menandai album penuh pertama mereka dalam sembilan tahun. Parada sudah bersama dengan The Offspring sejak 2007. Namun siapa sangka, kondisi pandemi sekarang ini membuat dirinya harus berpisah dengan band tercintanya.

The Offspring akan mulai tur di AS pada Agustus 2021. Band ini juga memiliki tur November di Inggris dan Irlandia dengan pembuka The Hives.