Brilio.net - Rina Nose dan Josscy Aartsen resmi menjadi sepasang suami istri setelah menggelar pernikahan secara private di Belanda pada tanggal 22 Oktober 2019 lalu. Kendati demikian, tak sedikit yang bertanya-tanya soal prosesi pernikahan mereka, apakah dilakukan dengan pemberkatan atau ijab kabul?

Lewat channel Youtube mereka, Rina Nose pun akhirnya buka suara dan menjelaskan kalau mereka tak melakukan pemberkatan. Foto yang beredar di dunia maya adalah prosesi saat mereka melakukan pernikahan secara sipil atau hukum.

"Jadi Mr Van Der Maas ini yang menikahkan kami secara sipil, sipil ya. Soalnya kan ada yang bilang kita nikahnya dua agama. Nah ini tuh benar-benar buat catatan negara jadi nggak ada agama apapun di sini," ujar Rina Nose, seperti dilansir dari channel Youtube Rina Josscy.

Mengingat keduanya mengadakan pesta di Belanda, maka Rina Nose dan Josscy harus mengikuti aturan setempat. Tak banyak yang tahu kalau sebelum menikah secara agama, kedua mempelai harus melalui prosesi secara sipil terlebih dahulu.

Loading...

"Soalnya di Belanda kewajibannya harus nikah sipil dulu kemudian baru secara agama," terang Josscy.

Rina nose minun champagne halal Instagram

foto: Instagram/@josscy

Tak berhenti sampai di situ, Rina Nose akhirnya menegaskan kalau mereka berdua melakukan pernikahan secara Islam, yakni akad nikah. Josscy bahkan berjabat tangan dengan ayah Rina Nose serta mengucapkan ijab kabul.

Usai acara, keduanya sempat bersulang dengan segelas champagne. Josscy dan Rina menyebut kalau minuman di acara mereka sudah tersertifikasi halal.

"Nah itu champagne, tapi halal. Ada sertifikat halalnya jadi bisa diminum juga," ucap Josscy. "Dan ada champagne yang khusus buat anak-anak juga ya," pungkas Rina Nose menambahkan.