Brilio.net - Kepercayaan diri bisa menjadi sesuatu yang mahal bagi seseorang. Meskipun mudah diucapkan, tapi tak sedikit orang yang mengaku sulit untuk membangun kepercayaan diri. Bahkan seringkali kita tidak sadar, bahwa kita kurang bangga dengan apa yang kita miliki. Pada akhirnya mengikuti standar orang jadi solusi yang kerap digunakan.

Penampilan adalah salah satu hal yang kerap mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Putih, tinggi, langsing, dan berambut lurus kerap tanpa disadari kerap jadi acuan standar kecantikan.

Namun rupanya hal ini tidak berlaku pada aktris cantik Tara Basro. Pemain film Pengabdi Setan ini merasa lelah dengan standar kecantikan yang kerap terfokus pada bentuk tubuh. Tara merasa kerap mendengar kritikan mengenai bentuk tubuh yang dianggap jelek.

"Dari dulu yang selalu gue denger dari orang adalah hal jelek tentang tubuh mereka, akhirnya gue pun terbiasa ngelakuin hal yang sama.. mengkritik dan menjelek2an," tulis Tara pada akun Instagramnya.

Ungkapan tersebut ia sampaikan melalui sebuah foto yang menunjukkan lekuk tubuh Tara. Jauh dari kesan artis bertubuh langsing, Tara dengan bangga memperlihatkan bentuk perut dan pahanya dengan wajah sumringah. Ia juga tidak segan memamerkan lipatan perut yang ada pada tubuhnya.

Potret Tara Basro © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tarabasro

Mengaku pernah ikut menjelekkan bentuk tubuh, ternyata membuat Tara semakin sadar bahwa perlu adanya perubahan pada pola pikir. Perempuan berusia 29 tahun ini merasa perlu adanya kebiasaan positif untuk selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Hal tersebut ia anggap jauh lebih baik daripada terfokus pada kekurangan diri kita.

"Andaikan kita lebih terbiasa untuk melihat hal yang baik dan positif, bersyukur dengan apa yang kita miliki dan make the best out of it daripada fokus dengan apa yang tidak kita miliki," ungkap Tara.

Bukan waktu yang singkat bagi Tara untuk mendapatkan penerimaan diri. Namun kini ia mengaku sudah bisa mencintai tubuh yang ia miliki. Bahkan ia merasa bangga dengan dirinya sendiri. "Setelah perjalanan yang panjang gue bisa bilang kalau gue cinta sama tubuh gue dan gue bangga akan itu. Let yourself bloom," ujar Tara.

Ajakan Tara Basro kepada pengikutnya untuk mencintai diri ini tidak hanya ia sampaikan dalam akun Instagramnya. Pada akun twitternya, @TaraBasro, juga diunggah foto senada dengan ajakan untuk membangun kepercayaan diri.

Foto yang ia unggah pada Rabu (3/3) itu lantas mendapat beragam respon dari para netizen. Pemain film Perempuan Tanah Jahanam ini menjadi perbincangan hangat di dunia maya dan menjadi trending topic di Twitter.

Tak sedikit yang memberikan apresiasi terhadap unggahan Tara. Mulai dari kalangan artis hingga fansnya mengungkapkan pemikiran Tara mewakili permasalahan yang kerap dirasakan banyak orang.

"Preach it, queen!," puji Ernest Prakasa

"Queen ," ungkap Vidi Aldiano

"Terima kasih, Mbak Tara. Saya merasa dimengerti," ujar salah satu pengikut Tara di Instagram.