Brilio.net - Nama Roy Marten tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tak heran memang mengingat dirinya sudah terjun ke dunia hiburan sejak lama. Sejumlah film dan sinetron sudah dibintanginya.

Namun tak banyak yang tahu, ternyata nama Roy Marten bukanlah nama yang sesungguhnya alias bukan nama aslinya.

Roy Marten mengungkapkan jika nama asli dirinya adalah Roy Wicaksono Abdul Salam. Nama Abdul Salam merupakan nama sang ayah.

"Nama saya Roy Wicaksono Abdul Salam. Abdul Salam itu bapak saya," kata Roy Marten seperti dikutip brilio.net dari channel YouTube Helmy Yahya Bicara, Jumat (29/5).

Roy pun mengungkapkan asal mula nama belakangnya menjadi 'Marten'. Hal itu berawal saat dirinya mulai terjun ke dunia film.

Loading...

"Ketika saya main film, mereka mau ganti nama saya. Pakai Wicaksono sebuah nama yang tidak komersil. Dicari, cari, cari. Mereka tanya saya 'Kamu lahir tanggal berapa?'. Saya jawab 1 Maret. 'Oh, Maret? Martin'. Tapi Martin udah banyak, akhirnya jadinya Roy Marten," kata Roy mengenang.

Helmi Yahya sempat bertanya soal nama sang ayah yang bernuansa Islami. Roy menyebut jika ayahnya memang datang dari keluarga muslim.

"Abdul Salam itu namanya Islam banget," kata Helmi Yahya kepada Roy.

"Bapak saya itu semua muslim, dari keluarga muslim," kata Roy.

YouTube/Helmy Yahya Bicara © 2020 brilio.net

foto: YouTube/Helmy Yahya Bicara

Sementara ibunda, yang bernama Johanna Nora Van Daatselaar merupakan keturunan Belanda.

"Kemudian mami saya Kristen, anak-anak sekolah di Kristen," kata Roy.

Karier Roy Marten dimulai dari tahun 1970. Ada puluhan film yang telah da bintangi selama berkarier di dunia seni peran.

"Film 'Bobby' itu tahun 1974 itu usia 22 tahun. Kemudian tahun 1975 ketemu Yeni Rahman 'Rahasia Gadis'. Tahun 1976 'Kampus Biru' baru film ini meledak. Kemudian 'Kugapai Cintamu', 'Badai Pasti Berlalu'," ucap Roy.