Brilio.net - Beberapa waktu lalu, nama Haji Malih sempat ramai diperbincangkan. Hal ini dikarenakan beredarnya video singkat yang memperlihatkan dirinya tak menggubris Ade Londok yang mengajaknya berinteraksi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Malih tongtong...

A post shared by #hiburancerdas #motivator (@m.adelondok) on

Tindakan Malih itu terjadi setelah dirinya terlibat dalam satu acara bersama Ade Londok. Dalam acara itu, Ade Londok sempat menggeser kursi yang hendak dipakai duduk Malih. Sontak saja, tindakan Londok terhadap Malih dianggap tidak sopan.

Aksi tersebut tidak dianggap sebuah lawakan oleh para penonton. Mereka justru kesal dengan tindakan Ade Londok, mengingat Haji Malih sosok pelawak senior dan juga lebih tua dari dirinya. Akibat dari aksi itulah akhirnya Haji Malih tak menggubris lawakan Ade Londok.

Loading...

Terus ramai dibicarakan publik, akhirnya Haji Malih buka suara lewat channel YouTube Deddy Corbuzier yang tayang pada Rabu (4/11). Dalam video podcast tersebut, Deddy Corbuzier mengatakan bahwa dirinya telah menyaksikan video saat Haji Malih jatuh terjungkal.

"Saya kemarin nonton video Bang Malih agak sakit hati ketika Anda jatuh itu, soalnya saya lihat waktu (Haji Malih) jatuh (gara-gara Ade Londok) itu, 'Kayaknya ini nggak janjian deh.'," ujar Deddy Corbuzier.

"Aku kalik yang sakit hahaha. Ya namanya komedi seperti itu, apa yang kita kerjakan jangan sampai penonton tahu itu komedi," ungkap Haji Malih seperti dikutip brilio.net, Rabu (4/11).

Meski begitu, Haji Malih memaklumi kejadian tersebut. Baginya di dalam dunia komedi terkadang hal-hal semacam itu terjadi.

"Sebetulnya si ya memang apa yang mas Deddy bilang tadi juga sama tapi itu kan dalam adegan jadi kita bisa maklum, mungkin mereka lupa atau sengaja itu kita nggak tahu. Pada intinya kita jangan ambil hati setiap perbuatan itu satu kesalahan aja. Buat saya itu ga jadi masalah. Sekalipun satu penghinaan barangkali memang benar seperti itu tapi kenapa kita harus marah," kata Haji Malih.

Deddy sempat penasaran, dia pun menanyakan apakah yang dilakukan pelawak sekarang terkesan memaksakan?

"Memang kembali masalah pelawak sekarang ini disebut tidak pendidikan mereka sekolah tapi yang saya katakan disini mereka mau cari lucu malah ga lucu, ini kan susah malah jadi satu penghinaan. Jangan sampai disitu hal itu," ujarnya.

Haji Malih pun sempat menyinggung soal etika. Menurutnya, menjadi seorang pelawak tak perlu menghina orang lain untuk membuat hal tersebut menjadi lucu.

"Hal itu maklum, namanya pelawak tidak pake tes mungkin mereka keceplosan," kata Haji Malih.

"Keceplosan atau salah beretika?" tanya Deddy lagi.

"Bisa juga seperti itu makanya kita mengimbau kepada pelawak-pelawak sekarang, remaja sekarang carilah lawakan yang tidak menghina orang tidak mencaci orang," tambah Haji Malih.

Menurut penurutan Haji Malih, Ade Londok sempat meminta maaf pada waktu itu, namun dirinya tak begitu menanggapi hal itu.

"Kayaknya pada waktu itu minta maaf cuma sayanya agak tidak begitu tanggap," kata Haji Malih menjawab pertanyaan Deddy.

Haji Malih juga memberikan pesan kepada Ade Londok dan juga untuk semua pelawak muda lainnya, jika melawak tak perlu terkesan memaksakan apalagi sampai menghina orang lain.

"Dengan menghina orang lain lucu padahal tidak lucu. Ngelawak itu tidak harus dipaksain, kalau sudah harus lucu ya lucu lah. Bolot aslinya nggak budek, kenapa bisa lucu? yang mainnya ini (bolot)," ungkap Haji Malih.

Deddy Corbuzier pun menanyakan, mengenai kesediaan Haji Malih jika harus satu panggung dengan Ade Londok lagi. Bagi Haji Malih hal itu tak masalah, jika memang harus kerja sama lagi, lebih baik ada briefing sebelum acara dimulai.

"Kalau satu panggung lagi dengan Ade Londok?" tanya Deddy.

"Ya boleh tapi kita briefing dulu, apa yang mau lo keluarin," ujar Haji Malih.