Brilio.net - Ajang penghargaan paling bergengsi bagi insan perfilman dunia, The Academy Awards atau Oscar 2018 baru saja rampung digelar pada Minggu malam waktu setempat atau Senin waktu Indonesia. Bertempat di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Jimmy Kimmel didapuk sebagai pembawa acara Oscar 2018.

Film The Shape of Water berhasil meraih kemenangan besar dengan memboyong empat piala pada ajang penghargaan yang digelar ke-90 ini. Kemenangan tersebut diraih film besutan Guillermo de Toro pada kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Desain Produksi Terbaik dan Scoring Orisinal Terbaik.

Bukan Oscar namanya jika tak menyisakan cerita unik dan menarik sepanjang acara berlangsung. Selain jajaran para aktor dan aktris yang tampil memukau di atas red carpet, beberapa peristiwa unik pun mewarnai ajang penghargaan dengan 24 kategori tersebut.

Buat kamu yang melewatkan perhelatan Oscar 2018, brilio.net sudah merangkum empat fakta dan peristiwa unik yang terjadi di sepanjang acara Oscar 2018 dari berbagai sumber, Senin (5/3).

1. Goodie bag senilai Rp 1,3 miliar.

Fakta unik Oscar 2018 © 2018 brilio.net

foto: metro.co.uk

Oscar memang dikenal sebagai salah satu ajang penghargaan yang identik dengan kesan mewah dan glamor. Hal tersebut juga dapat terlihat dari bingkisan yang diberikan untuk tamu undangan. Tak tanggung-tangung, isian pada bingkisan tersebut ditaksir mencapai Rp 1,3 miliar. Isi dari bingkisan terdapat 10 item, salah satunya adalah dua paket liburan ke Tanzani selama 12 hari dan paket liburan ke Landing Resort, Poipu, Kauai selama 7 hari untuk dua orang.

2. Hadiah jet ski senilai Rp 244 juta bagi pidato kemenangan tersingkat.

Fakta unik Oscar 2018 © 2018 brilio.net

foto: justjared.com

Pada pembukaan acara Oscar 2018, Jimmy Kimmel memberikan sebuah penggumuman tentang hadiah tambahan berupa jet ski dari Kawasaki dengan harga Rp 244 juta untuk pemenang Oscar. Tak diberikan dengan cuma-cuma, jet ski tersebut akan diberikan kepada mereka yang mampu memberikan pidato kemenangan dengan waktu singkat. Hasilnya, Mark Bridges berhasil membawa pulang jet ski tersebut setelah menyelesaikan pidato kemenangannya dalam waktu 36 detik.

3. Jimmy Kimmel dan Gal Gadot bagikan cemilan.

Fakta unik Oscar 2018 © 2018 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Di sela-sela acara Oscar yang masih berlangsung, Jimmy Kimmel bersama Gal Gadot, Ansel Elgort, Guillermo de Toro, Margot Robbie dan Lupita Nyong'o keluar dari gedung Dolby Theatre untuk menuju gedung bioskop yang tak jauh dari lokasi Oscar digelar. Kedatangan mereka tentu saja mengejutkan para penonton film. Tak datang dengan tangan kosong, mereka membagikan cemilan berupa snack dan hot dog bagi para penonton.

4. Video red carpet dengan gaya slow motion.

Oscar 2018 bekerja sama dengan Samsung Galaxy S9. Para bintang yang tampil dan berpose di atas red carpet pun diabadikan lewat kamera handphone keluaran Korea Selatan tersebut. Dalam video yang diungggah melalui akun Instagram @theacademy, para bintang direkam dengan efek slow motion yang menakjubkan.