Brilio.net - Meski kampanye tentang berita hoax sudah digaungkan, tapi tetap saja ada yang termakan dengan isu-isu yang tidak benar itu. Beberapa dari mereka bahkan bisa saja membagikan berita tersebut tanpa memeriksanya lebih lanjut.

Hal ini juga terjadi kepada selebriti Tanah Air. Menjadi selebriti otomatis menjadi sorotan publik, baik itu tentang aktivitas hingga kehidupan pribadinya. Konsekuensi lain dari menjadi seorang artis adalah munculnya kabar tidak benar tentang diri mereka.

Baru-baru ini beredar kabar Wendy Cagur meninggal dunia di TikTok dan Facebook. Berita itu menjadi ramai hingga terdengar oleh Wendi Cagur. Ia pun mengonfirmasi bahwa dirinya dalam keadaan sehat.

Namun bukan cuma Wendi Cagur yang pernah diterpa kabar palsu. Beberapa seleb lain juga merasakan pengalaman tidak enak seperti ini. Siapa sajakah mereka? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, pada Sabtu (10/7).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Panji 'Sang Petualang'.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: YouTube/PANJI PETUALANG TV

Panji dikenal sebagai orang yang mampu menaklukkan binatang buas, seperti ular. Keahliannya ini membuat orang kagum dan melabeli sebagai pawang ular. Namun pada tahun 2017, pria asli Purwakarta itu sempat dikabarkan meninggal karena gigitan Komodo.

Karena kehebohan itu Panji akhirnya muncul dan memberi klarifikasi di akun YouTube miliknya. Dalam video tersebut panji menjelaskan kondisinya yang sehat dan masih berpetualang.

2. Iwan Fals

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@iwanfals

Musisi kenamaan Iwan Fals juga tak luput dari kabar hoax tentang dirinya yang meninggal. Ia bahkan sudah diterpa isu seperti ini sebanyak tiga kali. Terakhir Iwan Fals dikabarkan meninggal pada tahun 2013. Namun hingga sekarang pelantun Bento masih sehat dan melakukan beberapa konser bersama dengan tim-nya.

3. Fatin Shidqia Lubis.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Twitter/@FatinSL

Pada tahun 2016, Fatin Shidqia Lubis sempat dikabarkan meninggal dunia. Para warganet pun tak percaya dan menanyakan kebenaran kabar tersebut. Rupanya kabar tersebut adalah berita palsu. Penyanyi jebolan X-Factor ini pun angkat bicara lewat akun Twitter pribadinya, @FatinSL.

"Halo semua, assalamualaikum! Soal aku meninggal itu hoax ya, jangan khawatir teman-teman!," tulis Fatin melansir dari akun @FatinSL.

4. Kelik 'Pelipur Lara'.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Masih pada tahun yang sama, komedian Raden Kelik Sumaryoto atau akrab disapa Kelik Pelipur Lara, pernah dikabarkan meninggal dunia. Berita tersebut sontak membuat rekan artis dan masyarakat terkejut. Namun setelah diusut orang yang meninggal bukanlah dia, melainkan orang lain yang punya kesamaan nama.

"Teman-teman seperti Hilman Hariwijaya, Mas Effendi Gazali sudah mau melayat, tetapi saya sudah jelaskan. Istri saya dan keluarga besar pun ikut juga mengklarifikasi hal ini saat ada yang kirim pesan atau telepon. Inilah resikonya kalau punya nama sama," kata Kelik dilansir dari dream.co.id

5. Manohara Odelia Pinot.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@manodelia

Nama Manohara ramai setelah sensasi kasus pernikahannya bersama anak Sultan Kelantan. Setelah drama rumah tangga itu berlalu, Manohara pun semakin diliput. Tetapi ketika dia menghilang dari peredaran, kabar tak sedap pun menerpa perempuan cantik ini. Ia dikabarkan meninggal dunia.

Manohara pun memberikan klarifikasi lewat postingan Instagram-nya. Lewat unggahan tersebut dia menyampaikan bahwa dirinya masih aktif sebagai model.

"I'm alive!!, im alive and well guys. It's hoax, lol. Chillin with the cats," tulis Manohara dilansir dari akun Instagramnya.

6. Agnes Monica.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@agnezmo

Siapa yang tidak mengenal penyanyi internasional sekelas Agnes Monica? Sosok penyanyi yang berprestasi ini jarang sekali diterpa kabar miring. Tapi pada tahun 2011 lalu, Agnez Mo begitu disapa, pernah dikabarkan meninggal karena overdosis obat tingkat tinggi.

Namun tentu saja berita itu adalah hoax, karena sampai detik ini mantan penyanyi cilik itu masih berkarya di dunia musik.

7. Mamah Dedeh.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@mamahdedeh24

Sebagai pendakwah yang terkenal, sosok Mamah Dedeh sangat disukai oleh masyarakat terutama di kalangan ibu-ibu. Namun tersiar kabar pendakwah 68 tahun itu meninggal dunia. Ini bukan pertama kalinya Mamah Dedeh dikabarkan meninggal. Tetapi berita ini langsung ditepis oleh Abdel Achrian, selaku rekan Mamah Dedeh.

"Banyak yang nanya ke gw, benar gak Mamah Dedeh meninggal dunia seperti yang beredar di grup-grup WA. Barusan gue telepon, Mamah Dedeh sehat, alhamdulillaah. Jadi berita-berita itu gak benar," kata Abdel dilansir dari Liputan6.com.

8. Ariel Noah.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@arielnoah

Pada tahun 2012 nama Ariel Noah ramai diperbincangkan publik. Bukan tanpa alasan, sebab vokalis Noah itu dikabarkan meninggal dunia saat masih berada di dalam penjara.

Namun tentu saja kabar itu palsu. Sebab hingga detik ini pelantun lagu Wanitaku itu masih sehat dan eksis sampai sekarang.

9. Uya Kuya.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@king_uyakuya

Belum lama ini terjadi, tepatnya pada bulan Februari 2021. Uya Kuya dikabarkan meninggal dunia. Isu ini berasal dari konten TikTok yang menyebut ayah dua anak ini telah tutup usia.

Sang istri, Astrid Kuya pun langsung memberi klarifikasi terkait kondisi suaminya dengan menyatakan bahwa berita tersebut adalah palsu.

"Hoaks ini. Siap-siap yah di depan rumah ada yang kasih surat cinta dari pengacara eh nanti nangis kejer ibunya nangis ayahnya minta maaf. Kasihaaan," paparnya melansir dari liputan6.com.

10. Ashanty.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagra/@ashanty_ash

Bulan Maret kemarin kondisi kesehatan Ashanty memang sedang tidak baik-baik saja. Ia sempat mondar-mandir ke rumah sakit untuk memeriksakan tubuhnya. Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Ashanty menerima kabar tak sedap yang mengatakan dirinya telah berpulang.

Kabar itu langsung diluruskan oleh Ashanty. Dia memberikan respon bijak lewat unggahan Instagram miliknya. "makasih juga yg sudah memberitakan macam2 hal tentang saya sampai meninggal dunia, Alhamdulillah Allah masih kasih saya kesempatan buat hidup," tulisnya.

11. Adly Fairuz.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@adlyfayruz

Pesinetron Adly Fairuz juga pernah dikabarkan meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan. Kabar yang berhembus melalui Twitter membuat semua orang ramai. Namun suami dari Angbeen Rishi ini masih hidup dan sehat.

Melansir dari Kapanlagi.com, berita itu dibantah oleh manager Adly, Teddy. Ia mengatakan bahwa berita itu tak benar adanya.

"Itu bohong sebenarnya berita dari semalaman dari twitter. Cuma karena Adly sibuk syuting dia gak lihat twiiternya. Pas dia cek handphone, beritanya sudah nggak ada. Yang pasti berita itu hoax," terang Teddy.

12. Armand Maulana.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@armandmaulana04

Kabar hoax tentang musisi yang meninggal juga dirasakan oleh Armand Maulana. Vokalis band Gigi itu tentu saja kaget dan tidak percaya. Sang istri, Dewi Gita langsung memberikan klarifikasi melalui akun Instagram-nya.

"Ini teh kenapa heh? Tiba-tiba handphone saya jadi ramai terus orang bertanya apakah saya baik-baik saja. Alhamdulillah ya Allah saya masih baik, sehat," katanya dilansir dari akun Instagram pribadi Armand.

Rupanya kabar tersebut bukanlah mengenai Armand Maulana. Melainkan banyak orang yang salah baca dan mengira Armand Maulana lah yang meninggal.

"Ini bukan hoax, tapi salah baca. Coba deh, baca baik-baik. Bukan saya yang meninggal. Tapi saya itu, punya teman baik, dulu jaman di Bandung dan dia juga penyanyi kemudian meninggal. Terus saya Insta Story, selamat jalan sahabatku," jelas Armand.

13. Sahrul Gunawan.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@sahrulgunawanofficial

Tahun kemarin aktor tampan Sahrul Gunawan dikabarkan meninggal dunia. Melansir dari Liputan6.com, kabar tersebut merebak setelah sebuah media menuliskan seorang bernama Sahrul Gunawan mengalami kecelakaan mobil di Palopo, Sulawesi.

Ramainya kabar itu langsung diluruskan oleh aktor 45 tahun tersebut lewat akun Instagram, @sahrulgunawanofficial.

"dr pagi byk telp dan wa nanya kbr. sihoreng teh krn ada berita ini. ya Allah smg korban yg namanya persis sama dgn sy di trm iman islamnya, dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan. alhamdulillah sy sehat dan baik2 saja. smg sahabat2 ig sy pun begitu, amin," tulis Sahrul dikutip dari Instagram pribadinya.

14. Aa Gym.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@yusufmansurnew

Pada tahun 2016, ustaz kondang AA Gym pernah dikabarkan meninggal dunia. Kabar hoax ini mencuat ke publik lantaran ia jarang tampil di layar kaca. Namun kabar tersebut langsung ditepis oleh salah satu sahabatnya, Yusuf Mansur.

Lewat video yang dibagikan ke Instagram, Yusuf Mansur memperlihatkan kondisi Aa Gym yang sehat. "Alhamdulillaah Ini jawaban buat yg dpt berita bhw @aagym sudah wafat. Alhamdulillaah @aagym blm dikubur," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

15. Wendi Cagur.

seleb dikabarkan meninggal © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@wendicagur

Terakhir ada Wendi Cagur yang baru saja kemarin diisukan telah meninggal dunia. Kabar meninggalnya komedian tersebut berasal dari TikTok dan Facebook. Kabar hoax ini langsung disanggah oleh bapak tiga anak lewat postingan Instagram pribadinya. Lewat video berdurasi singkat, Wendi menyampaikan dirinya baik-baik saja dan sehat.

"Assalamualaikum, ramai beredar di TokTok dan juga facebook kalo misalkan gua dikabarkan meninggal dunia. Alhamdulillah gua masih sehat, dan mudah-mudahan yang bikin berita sehat-sehat selalu," jelas Wendi dalam video.

(brl/lea)