Brilio.net - Stand Up Comedy adalah sebuah genre komedi melawak di atas panggung seorang diri, menghadap ke penonton dan membawakan monolog mengenai suatu tema tertentu. Orang yang melakukan stand up comedy ini biasa disebut komika. Komika memiliki gaya personanya tersendiri untuk memperkuat materi komedi yang dibawakan saat tampil.

Perkembangan stand up comedy di Indonesia diawali dari tahun 2007, di mana founder komunitas stand up comedy Indonesia saat itu adalah Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Isman Suryaman, Ernest Prakasa, dan Ryan Adriyadhi. Stand up comedy mulai dilirik beberapa stasiun televisi, lalu bermunculan kompetisi stand up di Indonesia seperti Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) yang sudah sampai season 8 dan Stand Up Comedy Academy (SUCA) yang kini sudah sampai season 4.

Sampai saat ini sudah ratusan komika yang tampil di televisi atau open mic secara reguler di kafe atau acara instansi perusahaan. Di berbagai kota di Indonesia juga sudah memiliki komunitas stand up comedy sendiri. Ge Pamungkas, Rigen, Rahmet dan beberapa komika terkenal lainnya juga berasal dari komunitas stand up.

Ternyata, selain open mic dan tampil stand up, tak jarang komika memiliki pekerjaan atau bisnis lain di luar stand up. Dan ini dia lima komika yang ternyata seorang penyiar radio, dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (4/10).

1. Gita Bhebita.

Loading...

komika penyiar Instagram

foto: instagram/@gita_bhebhita

Gita Bhebita, komika wanita asli Medan ini mempunyai ciri khas berbadan gemuk dan logat medan yang kental. Materi yang dibawakan dengan gaya lucu membuat penonton selalu tertawa melihat aksi Gita Bhebita. Selain menjadi komika, ternyata ia juga siaran di radioTrax 101,4FM Jakarta bersama komika lainnya yaitu Randhika Jamil.

2. Coki Pardede.

komika penyiar Instagram

foto: instagram/@cokipardedereza

Coki Pardede, komika yang tergabung dalam kelompok Majelis Lucu Indonesia ini memiliki gaya standup yang kocak dengan materi-materi yang satir. Saat ini, Coki Pardede juga menjadi penyiar di OZ Radio 90.8 FM Jakarta.

3. Soleh Solihun.

komika penyiar Instagram

foto: instagram/@solehsolihun

Soleh Solihun juga salah satu komika terkenal di Indonesia. Materi yang absurd dan pembawaan yang lucu itu membuat penonton tertawa lepas. Komika senior ini, ternyata menjadi penyiar radio khusus pop di Yuhu Pagi Radio Streaming.

4. Awwe.

komika penyiar Instagram

foto: instagram/@awwe182

Andika Wijaya atau yang sering disapa Awwe ini merupakan ketua komunitas Ketua Stand Up Indo sejak 2015 menggantikan Sammy Notaslimboy. Selain masih sering open mic, Awwe juga menjadi penyiar radio di MD Radio 93,2 FM Bekasi.

5. Kemal Pahlevi.

komika penyiar Instagram

foto: instagram/@kemalpahlevi

Komika penggila sneaker ini memiliki materi yang absurd dan pembawaan yang seru saat open mic. Kemal menjadi salah satu komika yang populer di Indonesia saat ini sejak merintis karis stand up di SUCI 2 Kompas TV dan saat ini Kemal juga aktif menjadi penyiar radio di Gen FM 98.7 FM Jakarta.

Reporter: mgg/renno hadi