Brilio.net - Sejak Betrand Peto diangkat anak oleh Ruben Onsu dan Sarwendah, namanya mulai dikenal publik. Di bawah asuhan Ruben Onsu, Betrand mengembangkan bakatnya dalam bernyanyi. Terbaru, ia baru saja merilis sebuah single berjudul Salah Mencintai. Lagu yang diunggah melalui YouTube tersebut langsung menjadi trending nomor tujuh.

Namun demikian, ditengah nama Betrand yang sedang naik daun, berbagai isu juga menerpanya. Salah satu kabar yang membuat hati miris ialah pernyataan orang tua kandung Betrand yang merasa sang anak tidak lagi peduli, setelah hidup berkecukupan dengan Ruben Onsu.

Tak ingin spekulasi tersebut terus berkembang, sebagai orang tua angkat, Ruben dan Sarwendah lantas mempertemukan Betrand dengan orang tua kandungnya dalam upaya mediasi. Diunggah melalui kanal YouTube, Ruben dan sang istri pun turut hadir di sana.

Setelah Betrand diizinkan untuk menyampaikan isi hatinya di hadapan kedua orang tua kandungnya, Ruben juga turut membacakan surat yang sudah ditulisnya. Dalam surat tersebut berisi curahan hati Ruben, ia berharap agar Betrand mampu berdamai dengan masa lalunya.

ruben onsu tulis permintaan untuk betrand peto © YouTube

foto: YouTube/The Onsu Family

"Onyo anakku, ayah menulis surat ini sebagai ungkapan hati ayah yang paling dalam. Semua sudah diungkapkan bagaimana perasaanmu tentang orang tuamu. Ayah hanya minta tolong padamu nak, perlahan berdamailah dengan suasana ini," terang Ruben Onsu, dilansir brilio.net pada Kamis (22/4) dari YouTube The Onsu Family.

Sambil menitikkan air mata, Ruben mengungkapkan tugasnya sebagai ayah adalah mengobati luka yang dialami buah hatinya. Kendati Betrand awalnya tidak menyetujui upaya mediasi dengan kedua orang tua kandungnya, namun Ruben tak ingin tinggal diam. Ia ingin agar masalah yang ada segera terselesaikan.

"Cerita hidupmu yang kamu anggap luka, biar tugas ayah bunda yang obati tanpa perlu kau ungkit lagi. Sebelum pertemuan ini, mati-matian kamu tidak mau. Kamu tidak mau ada pertemuan ini karena kamu menganggap tidak perlu," lanjutnya.

"Maafin ayah ya Nyo ayah tidak menuruti apa mau Onyo kali ini. Tapi ayah tetep melakukan pertemuan ini karena ayah anggap semua harus clear dan tidak boleh ada pihak yang tersakiti," imbuh Ruben.

Ruben berpesan kepada Betrand agar ia mengejar cita-citanya tanpa ada rasa beban. Suami dari Sarwendah ini ingin agar kesuksesan Betrand bisa jadi kebahagiaan untuk semua orang.

ruben onsu tulis permintaan untuk betrand peto © YouTube

foto: YouTube/The Onsu Family

"Onyo sayang, lapangkanlah hatimu Nak. Jadilah ksatria yang tangguh. Doa ayah bunda pasti sama dengan doa papa mama. Onyo sayang, terbanglah tinggi setinggi-tingginya, capailah apa yang mau kamu capai. Kejarlah nak, tanpa harus ada yang tersakiti," pungkas Ruben.

Bagi Ruben, Betrand tetaplah menjadi anaknya yang pertama. Ia juga tidak akan membedakan kasih sayangnya dengan dua buah hatinya. Ruben Onsu tentunya ingin kehadiran Betrand di tengah-tengah keluarganya memberikan kebahagiaan, oleh karena itu ia akan memperjuangkan kebahagiaan buah hatinya tersebut.

"Onyo sayang. Onyo tetap anak pertama ayah bunda. Tapi disini, ayah berdiri atas nama dua adikmu yang harus ayah jaga juga dan harus ayah perjuangkan kebahagiannya. Sehingga, mereka tidak dianggap merebut kebahagiaanmu dengan saudara-saudara kandungmu," tambahnya.

Di akhir suratnya, Ruben mengharapkan agar putra angkatnya tersebut tetap menyayangi orang tua kandungnya seperti ia menyayangi Ruben dan Sarwendah. Tidak perlu membeda-bedakan kasih sayang, sebab sebagai orang tua mereka akan menyayangi buah hatinya tanpa akhir.

"Plis, tolong sayangi dan rangkul bahagiakan orang tua kandungmu. Kakak dan adikmu. Cukupi permintaan ayah dan bunda. Jika itu kamu lakukan, itu sudah buat kami tersenyum. Onyo sayang, kamu tidak boleh memilih. Tetap jadikan papa dan mama yang utama. Kami akan tetap mengasuhmu dan memposisikan kamu sebagai anak pertama kami," ucapnya.