Brilio.net - Melihat kejadian konflik agraria di wilayah Desa Mekar Jaya, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara beberapa waktu lalu, membuat aktor Rio Dewanto tergugah hatinya untuk membuat film dokumenter. Ia mengunjungi Desa Mekar Jaya pada 7 Desember 2016 lalu. Melalui channel YouTubenya, suami dari Atika Hasiholan ini merilis film dokumenter terkait konflik agraria di Langkat.

Film dokumenter berdurasi 13 menit tersebut mendokumentasikan keadaan dan kondisi petani di Desa Mekar Jaya, pasca bentrokan beberapa waktu lalu serta diskusi dan interview yang Rio lakukan selama berkunjung ke Mekar Jaya.

Rio menjelaskan, dirinya membuat film dokumenter tersebut untuk menggugah perasaan masyarakat agar turut membantu masyarakat Mekar Jaya, Langkat.

"Saya berharap setelah menonton film dokumenter tersebut masyarakat bisa terpanggil untuk ikut membantu masyarakat di Desa Mekar Jaya. Selain itu, semoga pemerintah juga bisa datang dan melihat dampak dari konflik yang terjadi," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (17/1)

Rio Dewanto juga menuturkan bahwa dalam proses pembuatan film dokumenter tersebut dirinya sempat bermalam di rumah seorang petani Mekar Jaya di Langkat. Hal tersebut dilakukannya untuk mendengar dan merasakan penderitaan petani secara langsung.

Loading...

Rio Dewanto © 2017 brilio.net

"Ketika kami datang anak-anak masih merasakan trauma akibat bentrokan yang sempat terjadi. Mereka terlihat seperti ketakutan. Saya berkomitmen untuk mengawal penyelesaian dari konflik agraria di Langkat hingga tuntas dan berharap pemerintah memiliki keberpihakan kepada petani," tambahnya.