"Ini kisah nyata dua tahun yang lalu. Ada salah satu karyawan di rumah Ricis, bukan orang kantor. Orang dapur ya. Malam tuh aku dapat roti keset, cuma satu karena aku BM nya cuma satu. Aku bagi dua. Tiga malem, tiga siang," kata Ricis dikutip dari YouTube Rumah Ricis.

"Taruh di kulkas di bawah ngumpet lagi, biar safety sampai besok. Aku turun aku buka (kulkas), wah posisi awal gak ada nih. Mungkin ke geser. Buka wah gak ada nih roti keset saya. Belum berprasangka buruk nih. Tanya Abah Ibu, gak tahu," sambungnya.

Mengetahui rotinya hilang, dia pun menginterogasi semua karyawan yang ada di rumah, termasuk asisten rumah tangga. Saat itu ART Ricis mengaku tidak tahu soal roti keset yang dimaksud. Ia malah menuduh editor YouTube Ricis yang mengambilnya.

foto: YouTube/Rumah Ricis

"Tanya mbak dong, gak tahu. Wah pada jawab gak tahu nih. 'Mbak kemarin saya simpen roti di kulkas, dimana ya mbak', 'Wah saya ga tahu mbak. mungkin editor'," jelas Ricis.

"Mulai kegaduhan terjadi. Dipanggil tuh perkara roti doang tiga potong. Padahal aku bisa beli tapi aku gak mau. Itu kan bagian dari kejujuran, tanggung jawab ya. Disidak di ruang tamu. Di situ gak ada yang mau ngaku. Oke CCTV," lanjutnya.

Karena tidak ada yang mau mengaku, Ricis ambil inisiatif mengecek CCTV rumahnya, dan nampak jelas seorang ART mengambil roti Ricis dari kulkas. Roti itu diambil lalu dibungkus dan ART keluar lewat pintu samping kolam. Setelah keluar, ART itu tampak memberikan kepada orang tak asing yang ada di luar.

"Ternyata salah satu karyawan di dapur memang terlihat sangat jelas pagi-pagi buka kulkas, tangannya masuk diambil kue itu. Dibawa ke pintu samping dekat kolam. Di situ terlihat dia ngasih gak tahu tetangga pokoknya orang lewat," paparnya.

Ricis mengaku dia sama sekali tidak keberatan jika niatnya untuk berbagi. Namun yang disayangkan adalah ketidakjujuran sang ART dan malah menuduh orang lain yang membuat adik Oki Setiana Dewi itu marah.

"Maksudnya pun kalau ngasih orang makan itu bener-bener ga apa-apa banget, tapi alangkah lebih baik komunikasi, minta izin. Jujur bilang. tapi dia bilang dia gak tahu, mungkin editor. Dia sampai jual nama editor," lanjut dia.

ria ricis pecat karyawan karena roti © Berbagai sumber

foto: Instagram/@riaricis1795

Diakui Ricis, dia menjunjung tinggi kejujuran setiap orang. Oleh sebab itu, dengan berat hati ia harus memecat ART tersebut usai mengambil roti keset kesukaannya.

"Sebenernya niatnya baik banget, mulia banget dikasih makanan. Cuma kan kenapa harus jawab gak tahu. Aku marah aku murka. Peraturan di rumah Ricis waktu itu kejujuran nomor satu di atas segalanya. Jadi mau gak mau kita memberhentikan pekerjaan dengan orang tersebut," pungkasnya.