Brilio.net - Dunia musik Tanah Air sangat kompetitif, baik musisi lokal hingga mancanegara bersaing ketat merebut puncak tangga lagu. Hal tersebut diungkapkan oleh layanan musik streaming bernama Guvera. Baru-baru ini Guvera merilis laporan hasil studinya mengenai musik yang membuat masyarakat Indonesia menari, tertawa dan merasa bersemangat sepanjang 2015.

Di Indonesia sendiri, 2015 merupakan tahun penting bagi industri musik yang ditandai dengan pergeseran cara mendapatkan dan menikmati lagu. Jika semua diperoleh dari hasil mengunduh secara ilegal kini beralih ke layanan lagu streaming yang dapat dinikmati secara cuma-cuma.

"Pendengar kami menikmati lagu yang dibawakan oleh musisi lokal pendatang baru maupun musisi internasional yang sudah sangat terkenal. Mereka menggunakan musik untuk mengekspresikan suasana hati dan memaknai peristiwa dalam hidup mereka," kata Darren Herft, CEO Guvera dikutip brilio.net dari siaran pers Guvera, Selasa (15/12). "Tren 2015 yang kami lihat merupakan cerminan dari perilaku masyarakat Indonesia terhadap musik dan menjadi gambaran yang baik untuk tahun sebelumnya."

Ulasan Guvera menempatkan Raisa, Tulus dan Maroon 5 menjadi yang Terpopuler di 2015. Indonesia patut berbagga, Tulus dan Raisa menjadi musisi pria dan wanita terpopuler. Selain itu, Maroon 5 menjadi band terpopuler dan Elie Goulding dengan lagu Love me like you do menjadi lagu terpopuler.