Brilio.net - Kalau kalian tanya ke bapak atau ibu kalian yang pecinta Elvis Presley, pasti mereka nggak cuma inget sama musiknya tapi juga penampilan Elvis. Yup, Elvis adalah salah satu musisi yang penampilannya banyak mempengaruhi pecinta musiknya.

Selain Elvis, banyak juga musisi yang penampilannya jadi kiblat generasi pecintanya. Misalnya sekarang zaman K-Pop, banyak banget cewek-cewek unyu nan gemesin yang berpenampilan ala-ala K-Pop.

Masih banyak juga yang lain, brilio.net merangkumnya menjadi 10 penampilan yang terpengaruh aliran musik, Jumat (6/11). Yuk, simak di sini.

1. Celana cutbray dan rambut klimis ala rockabilly Elvis Presley

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: www.nydailynews.com
Elvis Presley adalah seorang penyanyi legendaris rock n roll asal Amerika Serikat kelahiran Tupello, Missisipi, 8 Januari 1935. Elvis terkenal dengan sebutan The King of rock n roll.

Pada masa kejayaannya pada tahun 50-an, Elvis banyak menginspirasi banyak orang bukan cuma dari sisi musikalitas tapi juga dari gaya berpakaian dan penampilan. Yang paling terkenal dari Elvis adalah celana cutbray dan rambutnya yang klimis. Penampilan Elvis ini banyak sekali ditiru oleh orang, bahkan 4000 remaja Inggris menasbihkannya sebagai raja trendsetter tata rambut sepanjang zaman.

2. Tampil unyu ala K-Pop

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: musik.kapanlagi.com
Terkenalnya musik K-pop di seluruh dunia juga bikin penampilan ala K-Pop ini banyak ditiru oleh pecinta musiknya. Penampilan mereka identik dengan baju bergambar unyu dengan celana ketat atau rok pendek kalau cewek.

Gaya K-Pop juga identik dengan wajah oriental. Maklumlah, Korea kan sipit-sipit gitu, jadi banyak cewek yang suka pake make-up di mata mereka biar kelihatan sipit. Kalau yang cowok biasanya pake celana warna warni dengan jaket ketat dan rambut dengan model yang sering gonta-ganti.

3. Gaya rambut gimbal ala Bob Marley

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: gimbalkurangdarah.wordpress.com
Bob marley adalah penyanyi, pencipta lagu, dan musisi reggae kebangsaan Jamaika. Dialah musisi yang membuat rambut gimbal mewabah ke seluruh dunia sampai sekarang. Nggak juga rambut gimbal, aksesoris berwarna merah kuning hijau juga identik dengan reggae.

4. Mohawk, kaos robek, dan perhiasan berduri ala musik punk

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: 500px.com
Musik punk banyak diidentikkan dengan musik pemberontakan. Bukan dalam artian negatif, pemberontakan ini adalah representasi dari sifat anak muda yang bergelora. Mereka tampil dengan musik yang berbeda dari aliran-aliran musik mainstream.

Dari segi penampilan pun, punk tampil unik. Fashion mereka banyak menggunakan T-shirt yang sengaja disobek-sobek, jakit kulit, blazer, dan kemeja acak-acakan. Bukan cuma itu, anak punk juga sering memakai stoking jala yang kadang juga robek-robek, peniti sebagai pernak pernik tubuh, dan eyeliner yang digunakan cewek maupun cowok. yang paling nge-punk lagi adalah gaya rambut mohawk.

5. Gaya rambut emo ala musik emotional

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: succuify.deviantart.com
Emo (emotinoal/emotive) adalah aliran musik yang masih serumpun dengan punk. Genre musik ini berkembang sejak tahun 80-an dan 90-an. Bukan cuma musiknya, tapi style ala emo juga berkembang sejak tahun-tahun itu. Beberapa band emo yang terkenal yaitu My Chemical Romance dan Paramore.

Perkembangannya, emo jauh lebih melekat dengan fashion ketimbang musik. Fashion ala emo identik dengan celana jeanss belel, sedikit ketat, dan agak melorot. Aksesoris yang mereka gunakan yakni sabuk (bukan kulit) bergesper metal dengan kepala besar dan kaos yang ngebentuk badan. Yang khas emo lagi yaitu rambut disisir rapi ke samping menutupi mata.

6. Kaos hitam dan jaket kulit ala musik metal

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: www.metalmaidens.com
Salah satu band yang mengusung musik metal adalah Metallica. Kalau di Indonesia ada Burgerkill yang terbentuk pada tahun 1995. Nah, penampilan musisi metal ini kebanyakan menggunakan kaos hitam dan jaket kulit pas manggung.

Penampilan inilah yang banyak diadopsi oleh pendengar dan pecinta musik metal. Biasanya kalau pas nonton konser metal, mereka bakal menggunakan seragam hitam dengan dipadukan celana pendek army.

7. Kaos kebesaran dan celana training ala hip hop

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

Irama musik yang cepat dan hentakannya yang bikin kita ikut joget bikin hip hop banyak digandrungi anak muda. Pecinta musik Hip Hop biasanya juga berpenampilan ala hip hop. Mereka identik dengan kaos kebesaran, celana training, dan topi. Anak hip hop biasanya juga berani dalam memadukan warna, mereka suka menabrak-nabrak warna sehingga terkesan colorful.

8. Kaos hitam dan celana jeans panjang ala musik underground

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: hdrjournal.wordpress.com
Underground adalah aliran musik yang identik dengan musik keras. Salah satu band yang mengusung musik ini adalah Linkin Park. Biasanya pecinta musik ini menggunakan kaos hitam bergambar tengkorak atau motif tertentu dengan celana jeans panjang kalau lagi nonton konser underground.

9. Baju dan celana ketat ala musik dangdut

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: www.kapanlagi.com
Siapa sih yang nggak kenal musik dangdut di Indonesia? Penyanyi dangdut yang kini lebih didominasi cewek ini biasanya menggunakan baju, celana atau gaun ketat saat manggung. Penampilan inilah yang banyak diadopsi pecinta musik dangdut khususnya cewek.

10. Rambut poni ala Andika Kangen Band

10 Tren penampilan yang dipengaruhi aliran musik

foto: www.kaskus.co.id
Kangen Band, band yang mengusung musik melayu ini sempat sangat terkenal sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2007 dengan lagu andalan Tentang Aku, Kau dan Dia. Selain terkenal dengan lagu-lagunya, gaya rambut vokalisnya, Andika banyak ditirukan oleh pecinta Kangen Band. Rambut berponi yang menutupi dahi ini sempat sangat ramai ditirukan orang lho.

image bank: penampilan terpengaruh musik