Brilio.net - Mengalami penyakit mental tentu bukanlah keinginan dari setiap orang. Kondisi gangguan mental bisa dialami oleh siapa saja baik perempuan maupun laki-laki. Biasanya ditandai dengan depresi dan menyakiti diri sendiri bahkan hingga berakhir dengan bunuh diri.

Bahkan di Indonesia sendiri, angka pengidap mental illness atau gangguan mental menduduki angka tertingi. Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, jumlah warga negara Indonesia yang terkena depresi menunjukkan angka 6,1 persen atau setara dengan 11 juta penduduk. Angka ini dihitung dari warga negara Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas.

Kondisi ini tentunya membuat seseorang mesti peduli dengan kondisi mentalnya. Meskipun kesehatan mental bukanlah topik yang sering didiskusikan, namun ternyata penting untuk dibicarakan. Banyak orang yang mengalami gangguan mental namun malu untuk mengungkapkannya. Namun, tak sedikit juga dari mereka yang mau dengan jujur mengakui kondisi mentalnya. Sederet selebriti ini pun mengakui jika dirinya pernah mengidap gangguan mental bipolar.

Siapa saja mereka? Yuk, simak seleb-seleb yang blak-blakan memiliki gangguan mental bipolar seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/4).

1. Rachel Vennya.

Loading...

seleb idap bipolar instagram

foto: Instagram/@rachelvennya

Lewat channel YouTube Rachel & Niko, ia mengaku kerap menjadi lebih emosional karena bipolar yang diidapnya. Tak hanya itu, ibu dua orang anak ini sempat mencoba bunuh diri hingga akhirnya dibawa ke rumah sakit. Dari situ, ia baru menyadari jika dirinya mengidap penyakit bipolar. Kendati demikian, kini istri dari Niko ini telah berdamai dengan penyakitnya. Ia juga telah menganggap bipolar menjadi 'temannya' sendiri.

"Kalau gue jadi dari kecil gue emosional. Gue kalau lagi marah, gue jalan keluar rumah sampai kaki gue sakit. Gue jalan sambil nangis kayak orang gila. Gue dulu tuh kalau kayak hidup nggak sesuai apa yang kita mau, itu suka jedot-jedotin kepala ke tembok," ucap Rachel.

Rachel kemudian berpesan kepada warganet yang menonton channelnya agar mereka tak self diagnosed. Pasalnya, untuk mengetahui apakah seseorang mengidap penyakit mental atau tidak, hanya psikolog dan psikiater yang dapat menentukan.

2. Marshanda.

seleb idap bipolar instagram

foto: Instagram/@marshanda99

Artis cantik yang kerap disapa Caca ini menjadi tokoh pertama yang menarik perhatian publik terhadap kondisi mentalnya. Dilansir dari Liputan6.com, ia mengaku didiagnosa menderita bipolar disorder tipe 2 pada 2009 lalu oleh dokter ahli jiwa yang menanganinya.

"2009 aku divonis bipolar 2. Bipolar disorder 2 itu seperti cewek-cewek ada halangan jadi sensi, lalu happy lagi. Perubahannya cepat. Setelah tahun 2009 aku banyak progress. Aku improve kemampuan dan mengenal kadar emosi," kata Chacha dilansir dari Liputan6.com

Namun, sejak Mei 2014 lalu bintang sinetron Bidadari tersebut berusaha untuk sembuh dari penyakitnya. Sejak dinyatakan bipolar, ibu dari Sienna ini rutin mengonsumsi obat. Namun, ia menceritakan jika dirinya lebih butuh dipeluk dan mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari keluarganya.

Kini, Caca dinyatakan normal dan tak lagi mengidap bipolar.

"Hasilnya baru saja keluar. Dokter second opinion bilang sekarang aku dalam kondisi yang sangat normal," jelasnya.

3. Medina Zein.

seleb idap bipolar instagram

foto: Instagram/@medinazein

Dilansir dari dream.co.id, pengusaha Medina Zein juga mengaku mengidap penyakit bipolar. Ia bahkan mengonsumsi obat-obatan yang termasuk jenis narkoba untuk membuatnya merasa lebih tenang.

"Memang ada salah satu obat yang digunakan oleh saya atas izin dokter, itu memang narkoba golongan apa gitu, saya enggak paham, enggak berani nyebutin. Itu memang obat saya, obat penenang saya," ucapnya dilansir dari dream.co.id

Penyakit bipolar yang diidapnya baru diketahui pada 2016 lalu. Ia pun mengkalim bahwa gangguan mental yang dialaminya merupakan faktor keturunan dari ibundanya.

4. Demi Lovato.

seleb idap bipolar instagram

foto: Instagram/@ddlovato

Penyanyi Demi Lovato juga mengungkapkan kalau dirinya mengalami bipolar disorder. Dilansir dari Liputan6.com, lewat video yang bertajuk The Mental Health Listening and Engagement Tour, ia mengaku jika awalnya tidak peduli saat didiagnosis bipolar pada 2012 lalu. Namun akhirnya ia melakukan banyak konsultasi oleh para ahli jiwa dan meningkatkan lagi kesadaran mentalnya.

"Saya Demi Lovato. Saya penyanyi, penulis lagu dan aktris juga hidup dengan gangguan bipolar. Saya pernah mengalami beberapa kali fase depresi," dikutip dari Liputan6.com.

Demi juga membuktikan bahwa penderita bipolar sepertinya dapat hidup normal dengan mendapatkan cinta, pendidikan, dan dukungan dari setiap orang.

5. Mariah Carey.

seleb idap bipolar instagram

foto: Instagram/@mariahcarey

Dilansir dari Liputan6.com, bintang panggung Mariah Carey juga mengungkapkan jika dirinya mengidap bipolar 2. Ia pun memiliki ketakutan terhadap seseorang ketika mengekspos dirinya. Selain itu, bipolar yang diidapnya juga membuat pertunangannya dengan James Packer terpaksa berakhir. Ia pun kemudian menjalani terapi dokter dengan mengonsumsi obat rutin untuk mengatasi penyakit mentalnya.

6. Carrie Fisher.

seleb idap bipolar instagram

foto: Instagram/@officialcarriefisher

Bagi kamu pencinta film Star Wars tentu tidak asing dengan sosok pemeran Putri Leia. Ibu satu anak ini bahkan dikenal sebagai ikon budaya populer berkat perannya tersebut. Namun, siapa yang menyangka jika mantan istri penyanyi Paul Simon ini memiliki sejarah panjang pada penyakit gangguan mental yang dialaminya.

Dilansir dari Liputan6.com, Carrie Fisher didiagnosis mengidap bipolar pada 1985. Pada awalnya, ia merupakan seorang pecandu narkoba. Bahkan, ia juga mengaku tidak bisa berhenti dari mengonsumsi narkoba. Namun, ia terkejut setelah tau bahwa dirinya didiagnosis mengalami gangguan mental bipolar.

"Aku dulu berpikir aku adalah seorang pecandu narkoba--hanya seseorang yang tak bisa berhenti menggunakan narkoba dengan sukarela. Namun ternyata, aku menderita depresi manik yang sangat parah."

Meskipun begitu, Carrie bisa menghilangkan stigma dari gangguan mental. Perjuangannya untuk bisa hidup normal pun mendapatkan apresiasi dari banyak orang. Kini, Carrir Fisher telah tutup usia pada 27 Desember 2016 di Ronald Reagan UCLA Medical Center, Los Angeles, Amerika Serikat.