Brilio.net - Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya asupan makanan bagi bayi yang belum bisa mencerna makanan padat. ASI diproduksi karena adanya hormon prolaktin oksitosin. Adapun keluarnya ASI adalah setelah kelahiran bayi.

Produksi ASI dipengaruhi oleh berbagai macam hal, seperti makanan, kondisi jiwa dan pikiran, perawatan payudara, pola istirahat, dan masih banyak lagi. Jumlah ASI yang keluar bisa saja melimpah jika kesehatan sang ibu terjaga dengan baik.

Di zaman modern ini, banyak tersedia bank ASI bagi ibu yang produksi ASInya terlalu banyak. Hal tersebut juga dilakukan oleh beberapa selebriti Tanah Air. Tak hanya mendonorkan ASI di area ibu kota, ada dari kalangan artis yang menyumbangkan ASInya hingga keluar negeri.

Nah, kira-kira siapa saja seleb yang memilih mendonorkan ASI setelah melahirkan? Berikut brilio.net kumpulkan beberapa artis tersebut, dikutip dari berbagai sumber pada Sabtu (06/07).

1. Sarwendah.

Loading...

artis cantik donos ASI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sarwendah29

Istri Ruben Onsu memilih mendonorkan ASI di Singapura. Ia mengajak kedua putrinya, Thalia Putri Onsu dan Thania Putri Onsu untuk mendonorkan ASI ke Singapura. Ini kali kedua Sarwendah mendonorkan ASI. Sebelumnya, mantan personel Cherrybelle ini juga mendonorkan ASI setelah kelahiran anak pertamanya. Namun, kala itu, ia mendonorkan ke rumah sakit di daerah ibu kota.

"Tak berhenti aku bersyukur bagimana saat ini aku kembali bisa menjadi pendonor ASI dan kali ini di Singapore," tulis Sarwendah di akun Instagramnya @sarwendah29.

Sarwendah menyatakan bahwa menjadi pendonor ASI harus melewati proses yang panjang. Ia pun berharap upayanya mendonorkan ASI ini bisa membantu sesama, sehingga bisa memperbanyak saudara kedua putrinya.

"Untuk menjadi pendonor ASI sudah pasti harus melewati proses yang panjang untuk bisa di pastikan kalau ASI bagus dan di nyatakan berhasil untuk bisa jadi pendonor ASI, semoga bisa banyak membantu anak-anak ASI lagi yaa, jadi cece @thaliaputrionsu dan dede @thaniaputrionsu banyak saudaranya," pungkas pemilik nama Sarwendah Tan.

2. Jessica Iskandar.

artis cantik donos ASI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@inijedar

Setelah kelahiran anak pertamanya, El Barack Alexander, Jessica Iskandar memutuskan untuk mendonorkan sebagian ASInya ke bayi yang membutuhkan. Tak tanggung-tanggung, pemain film Dealova itu membantu 9 bayi. Jangan salah, salah satu bayi tersebut adalah Gempita Noura Marten, anak dari Gading Marten dan Giselle. Motif Jessica Iskandar adalah iba kepada bayi yang tak bisa mendapatkan ASI eksklusif, karena bayi tersebut pasti merasa kelaparan.

3. Tya Ariestya.

artis cantik donos ASI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@tya_ariestya

Tya Ariestya juga menjadi salah satu seleb yang mendonorkan ASInya ke bayi lain. Berbeda dengan Sarwendah dan Jessica yang menyumbang ASI atas dasar keinginan sendiri, Tya sebelumnya ditunjuk oleh pasangan artis Surya Saputra dan Cynthia Lamusu. Tak hanya satu bayi, Tya ditunjuk untuk menyusui dua anak kembar Atharva Bimasena Saputra dan Ataya Tatjana Aisyah Putri. Alasan Surya memilih Tya sebagai ibu sepersusuan anaknya adalah Tya memiliki pola hidup yang sehat, jadi kualitas ASI pun terjamin.

4. Melanie Putria.

artis cantik donos ASI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@melanieputria

Melanie Putria adalah nama seleb selanjutnya yang mendonorkan ASInya. Ia bersyukur diberi kemudahan dalam hal kelancaran ASI. Melanie mengaku mempunyai bank ASI di rumahnya. Ia pun tak ragu untuk menyumbangkan ASInya kepada teman-teman di media sosialnya. Melanie mempersilakan orang untuk datang ke rumah, jika ada yang membutuhkan ASI untuk bayinya.

5. Sharena Gunawan.

artis cantik donos ASI © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mrssharena

Sharena Gunawan memutuskan melakukan donor ASI, karena produksi ASinya melimpah, saat bayinya belum genap berusia satu bulan. Melalui akun Instagramnya, istri Ryan Delon itu mengungkapkan dirinya sering melakukan pumping ASI. Hal tersebut dikarenakan ia selalu menyediakan ASI Perah (ASIP) bagi anaknya. Selain itu, ia pun memutuskan untuk mendonorkan sisa kebutuhan ASI.

"Rencananya sih once a day mau aku coba pake botol sampai stock liquid gold milk-ku habis. Sisa ASIP yang normal mau di donorin aja," tulisnya di akun Instagram.