Brilio.net - Setiap tanggal 21 April, masyarakat Tanah Air memperingati Hari Kartini. Sebagai sosok yang membawa pengaruh besar terhadap kesetaraan hak untuk perempuan, Raden Ajeng Kartini menjadi panutan dalam berkarya.

Berkat pemikirannya, peran perempuan tidak hanya dipandang sebelah mata. Di masa penjajahan kolonial Belanda, Kartini aktif menuangkan pemikirannya lewat tulisan yang kemudian dikirimkan kepada teman-temannya di Belanda. Surat-surat yang ditulisnya, lalu dikumpulkan dan disatukan dalam satu buku terkenal berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Kisah dari Kartini ini pada akhirnya diadaptasi menjadi film. Jika sekarang banyak anak muda mengenal Dian Sastro sebagai sosok yang memerankan Kartini. Namun, sebelum pemeran AADC ini, sudah ada aktris yang memerankan Pahlawan Nasional ini.

Aktris senior, Jenny Rachman merupakan sosok pertama yang memerankan karakter Kartini di film 1984. Penghayatan Jenny dalam memerankan Kartini sukses membuat kagum para penonton layar lebar.

Jenny Rachman sendiri mengawali kariernya sebagai bintang iklan dan model sejak usia 14 tahun. Film awal debutnya adalah Ita Si Anak Pungut (1973) arahan Frank Rorimpandey dan debut peran utama lewat film Rahasia Gadis (1975). Berkat aktingnya, ia memperoleh dua Piala Citra melalui Kabut Sutra Ungu (1979) arahan sutradara Sjumandjaja dalam FFI 1980 dan Gadis Marathon (1981) arahan Chaerul Umam pada FFI 1982.

Yenny yang pada akhir tahun 70-an dikenal sebagai salah satu bintang dari The Big Five, selain Roy Marten, Doris Callebaute, Yati Octavia dan Robby Sugara. Jenny bisa menjadi magnet layar yang menghasilkan box office bagi film-filmnya.

masa muda jenny rachman © instagram

foto: Instagram/@jennyrachman18

Sudah belasan tahun berlalu, pesona Jenny pun tak luntur oleh waktu. Memasuki usia kepala enam, pesona Jenny Rachman tak banyak berubah. Ia masih terlihat bugar dan awet muda. Rupanya, paras cantiknya sudah terpancar sejak dulu lho.

Yuk nostalgia dengan sederet potret lawas Jenny Rachman, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (21/4).