Brilio.net - Hidup sebagai seorang selebriti memang identik dengan kemewahan. Memiliki jadwal yang padat karena aktivitas di industri hiburan, mengumpulkan pundi-pundi uang pun tampaknya tak begitu sulit.

Namun bagi beberapa selebriti, meraih ketenaran dan kekayaan seperti saat ini bukanlah hal yang mudah. Perlu kerja keras dan perjuangan luar biasa hingga memiliki eksistensi seperti sekarang.

Sebelum mencapai titik kepopuleran, banyak dari selebriti ngetop ini yang rela melakukan berbagai profesi. Mulai dari bekerja menjadi cleaning service, hingga berjualan combro untuk menyambung hidup.

Berikut kisah perjuangan delapan seleb sebelum terkenal, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (10/12).

1. Sule

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@ferdinan_sule

Sule alias Entis Sutisna sebelum jadi komedian kondang pernah menjadi pengamen. Suami Nathalie Holscher ini juga pernah berkeliling menjual bakso. Konsisten di jalur lawak membuat kariernya menjadi seperti sekarang ini.

2. Chef Arnold Poernomo

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@arnoldpo

Menjadi salah satu celebrity chef tersohor Tanah Air, Chef Arnold Poernomo rupanya pernah mengalami masa kecil yang sulit. Dirinya bahkan pernah ikut berjualan bersama sang ibu dengan menaiki becak.

"Nyokap gue dulu jual rendangan di universitas gitu. Terus jual kue-kue roti gitu. Gue inget temenin, nganterin nyokap dulu naik becak,” ungkapnya kepada Boy William belum lama ini.

3. Ruben Onsu

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@ruben_onsu

Ruben Onsu kini dikenal sebagai presenter dan pengusaha sukses. Sebelum itu, Ruben ternyata pernah menjadi petugas kebersihan hotel selama lebih dari dua tahun. Kehidupannya berubah setelah bergabung dengan Lenong Bocah, membuatnya menjadi sesukses sekarang.

4. Natasha Wilona

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@natashawilona12

Sebagai aktris yang mendominasi dunia sinetron, Natasha Wilona pernah tidur di gubuk sebelum sukses seperti sekarang.

"Kita tinggal di rumah yang terbuat dari kayu. Itu rumahnya murah banget. Bawahnya air kan biasa di Kalimantan suka ada air di bawahnya. Lantainya bolong-bolong. Kalau di sinetron rumah gubuk lah jelek banget," terang ibunda Natasha seperti dikutip dari KapanLagi.com.

5. Denny Cagur

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@dennycagur

Punya rumah bak istana dan koleksi mobil mewah, Denny Cagur pernah berjualan combro untuk menyambung hidup.

"Jadi waktu itu, pas papa pindah kerja, biasanya dapat harian lumayan tiba-tiba sekitar 3-4 bulan papa bener-bener gak dapat harian. Nah, salah satu cara kita buat bertahan bikin combro karena waktu itu 5 anak 4 anaknya kuliah butuh biaya besar," ucap Denny Cagur dilansir YouTube Klik Asik.

6. Anrez Putra Adelio

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@anzadelio

Anrez Putra Adelio kini jadi idola berkat berperan sebagai Gio di sinetron Putri Untuk Pangeran. Sebelum jadi idola baru, ia pernah berjualan kue keliling rumah untuk membantu kehidupan keluarganya.

"Anrez pernah jualan kue putu mayang, kue lopis pas lagi bulan puasa. Jadi kalau di Condet ada rumah tuh nyediain kue, ntar anak kecil pada dateng terus dijualin lagi. Anrez jualin keliling kasih uangnya buat mama buat beli obat," ujarnya seperti dilansir brilio.net dari KapanLagi.com.

7. Zaskia Gotik

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Sebelum jadi pedangdut kondang, Zaskia Gotik telah merasakan hidup yang sulit. Istri Sirajuddin Mahmud ini bahkan harus putus sekolah saat masih duduk di bangku SMP demi membantu orang tua.

Berkat bakat bernyanyi yang dimiliki oleh Zaskia, ia pun memilih untuk bernyanyi dari satu panggung ke panggung lainnya untuk membantu orang tua. Dikutip dari Liputan6.com, ia juga pernah bernyanyi hingga 12 jam, namun hanya mendapat bayaran Rp 100 ribu saja.

8. Tukul Arwana

8 Seleb hidup sulit © Instagram

foto: Instagram/@tukul.arwanaofficial

Sebelum sesukses sekarang hingga dijuluki sebagai juragan kontrakan, Tukul Arwana rupanya pernah menjadi supir angkutan umum di Semarang dan juga sopir truk gas elpiji. Jalur komedi yang membuat dirinya dikenal hingga sekarang.