Brilio.net - Melahirkan secara normal ataupun operasi bedah caesar sama-sama membutuhkan perjuangan. Para ibu sama-sama merasakan rasa sakit akibat kontraksi hingga rasa nyeri usai melahirkan. Setiap ibu merasakan perjuangan untuk melahirkan buah hati yang sehat.

Operasi persalinan caesar sendiri dipilih karena mengutamakan keselamatan ibu dan anak sesuai saran dokter. Bicara soal operasi caesar, wanita memiliki batas maksimalnya jika melahirkan melalui bedah tersebut. Beberapa ahli menyebutkan wanita yang berulang kali melakukan operasi bedah caesar tak dianjurkan memiliki banyak anak.

Bukan tanpa alasan, beberapa risiko bisa dialami ibu hamil maupun janin dalam kandungan jika memutuskan untuk operasi caesar berulang kali. Risiko akan terjadi pada persalinan anak berikutnya.

Dari kalangan selebriti, beberapa selebriti memiliki pengalaman menjalani operasi caesar berulang kali. Tak hanya sekali dan dua kali, mereka telah tiga kali memasukki ruang operasi untuk proses persalinan. Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (5/9), berikut deretan selebriti yang pernah menjalani operasi caesar sebanyak 3 kali.

1. Olla Ramlan.

3 caesar seleb  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@ollaramlanaufar

Olla Ramlan memiliki pengalaman menjalani persalinan bedah caesar sebanyak tiga kali. Pengalaman pertama menjalani operasi caesar telah dilakukan pada 13 tahun silam. Sementara operasi kedua dijalani saat melahirkan putri pertamanya, Aleena Naira Hana Hutapea. Operasi ketiga dilakoni Olla pada tahun 2017 lalu.


2. Ririn Dwi Ariyanti.

3 caesar seleb  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@ririndwiariyanti

Bukan hanya Olla Ramlan, aktris Ririn Dwi Ariyanti juga memiliki pengalaman menjalani operasi bedah untuk proses persalinannya. Ririn telah dikaruniai tiga buah hati. Ketiga anaknya ini dilahirkan melalui proses operasi. Sempat ada kekhawatiran karena beberapa kali melahirkan melalui operasi caesar, namun akhirnya bayi bernama Ramy Alfie Utomo lahir sehat.


3. Oki Setiana Dewi.

3 caesar seleb  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@okisetianadewi

Oki Setiana Dewi juga menjalani operasi persalinan sebanyak 3 kali. Proses tersebut dilakukan sesuai saran dokter agar kondisi ibu dan anak sehat. Telah melewati operasi caesar berulang kali, Oki Setiana Dewi dan suami mengaku masih ingin tambah anak.


4. Nia Ramadhania.

3 caesar seleb  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Nia Ramadhania dikaruniai tiga buah hati usai membina rumah tangga bersama Ardi Bakrie. Ketiga anak dilahirkan melalui proses caesar. Nia menjalani operasi caesar pada persalinan putri sulungnya, Mikhayla Zalindra Bakrie di tahun 2012. Tiga tahun berselang atau 2015, Nia melahirkan Mainaka Zanatti Bakrie. Terakhir, Nia kembali menjalani persalinan bedah caesar untuk anak ketiganya di tahun 2017 lalu.


5. Krisdayanti.

3 caesar seleb  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@krisdayantilemos

Krisdayanti memiliki empat buah hati, yakni sepasang dari mantan suaminya Anang Hermansyah. Sementara dua anak dari Raul Lemos. Dari keempat proses persalinan, tiga kelahiran di antaranya bedah caesar.

Saat melahirkan Azriel Akbar Hermansyah, Krisdayanti memilih operasi caesar. Selanjutnya diva Krisdayanti melahirkan dua anak dari Raul Lemos dengan proses caesar pula.


6. Adelia Wilhemina.

3 caesar seleb  © 2018 brilio.net
foto: Instagram/@adeliapasha

Adelia Wilhemina dikaruniai empat buah hati setelah menikah dengan Pasha Ungu. Proses persalinan Adelia mulai dari anak pertama hingga anak bungsu melalui operasi caesar. Melewati proses persalinan operasi caesar secara berulang membuat Adelia tak lagi disarankan memiliki anak. Alasan tak boleh memiliki anak lagi karena akan membahayakan ibu maupun jabang bayi selanjutnya.