Skripsi tersebut berjudul 'Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga dengan Prestasi Murid di Sekolah: Studi Kasus SMP Negeri Desa Delanggu'. Dalam video tersebut, diketahui jika skripsi tersebut ditulis pada 1979 dengan ketikan khas mesin tik.

skripsi Dono Warkop DKI © TikTok/@imalsi

foto: TikTok/@imalsi

Secara langsung, Dono menjelaskan belum meratanya akses pendidikan bagi setiap anak yang akan berpengaruh terhadap kehidupan mereka.

"Jauh sebelum ribut2 privilege, ternyata Mas Dono Warkop udah ngangkat isu ini di skripsinya. Dan dia nulis ini di tahun 78! Secara gak langsung skripsinya membuktikan bahwa privilege itu ada. Disclaimer: scope penelitian Mas Dono cuma 1 kecamatan, jadi gk bisa digeneralisir ke tingkat populasi," tulis akun @imalsi pada keterangan captionnya, dikutip brilio.net pada Senin (13/2).

skripsi Dono Warkop DKI © TikTok/@imalsi

foto: TikTok/@imalsi

Selain topik pembahasannya, lembar persembahan skripsi Dono juga tak lepas dari perhatian. Terlihat, Dono menyematkan ayah, ibu dan keluarganya sebagai ucapan terima kasihnya. Ia juga menuliskan secara spesifik sosok kekasihnya yang bernama Titi Kusumawardani.

"Untuk ayah, ibu, beserta keluarga dan untuk seorang gadis yang bernama Titi Kusumawardani," tulis Dono di halaman persembahannya.

skripsi Dono Warkop DKI © TikTok/@imalsi

foto: TikTok/@imalsi

Sosok bernama Titi Kusumawardani diketahui sebagai istri dari sang legenda komedi Tanah Air ini. Skripsi Dono yang tersebar di TikTok itu menjadi viral. Tak sedikit warganet yang mengaku kagum dengan sosok Dono yang gigih dan cerdas. Tak sedikit pula yang merasa tersentuh dengan lembar persembahan yang ditulis Dono.

"Jaman dulu perjuangan bgt ya ngetik skripsi pk mesin tik, pegel bgt pasti, bayangin kl masih berlanjut smp skrg wkwk, yg udh pake laptop aj pd males," kata @nayaka_0195.

"Dari hasil tulisannya keliatan pak dono orang pintar," puji @annisaya14.

"Untuk seorang gadis yang bernama titi kusumawardani," kata @blackros361.

""untuk seorang gadis..." manis bacanya," tulis @ebii.

"Dia gadis yg menjadi teman hidup dunia akhirat," tambah @kiraaa.

 

@imalsi

Jauh sebelum ribut2 privilege, ternyata Mas Dono Warkop udah ngangkat isu ini di skripsinya. Dan dia nulis ini di tahun 78! Secara gak langsung skripsinya membuktikan bahwa privilege itu ada. Disclaimer: scope penelitian Mas Dono cuma 1 kecamatan, jadi gk bisa digeneralisir ke tingkat populasi.

Scott Street (Slowed Down) - Phoebe Bridgers