Brilio.net - Menjadi seorang penyanyi terkenal dituntut untuk tampil sempurna dengan performa vokal yang mumpuni di atas panggung. Nggak salah deh, kalau banyak penyanyi punya berbagai metode untuk menjaga suaranya agar bisa tampil secara live di atas panggung.

Tuntutan untuk tampil sempurna itulah yang terkadang membuat para penyanyi terkenal berusaha untuk tak tampil secara lipsync atau playback. Namun bukan berarti para penyanyi ini tak pernah tampil secara lipsync dalam suatu acara.

Cara lipsync biasanya menjadi cara yang dianggap paling ampuh untuk menghindari berbagai kesalahan teknis dalam sebuah pertunjukkan. Bukan karena suara si penyanyi yang tak mumpuni, melainkan adanya kendala teknis yang bila dipaksakan justru akan membuat penampilan sang bintang nggak maksimal.

Namun sayangnya, penampilan lipsync para penyanyi ini justru menjadi kontroversi. Banyak yang beranggapan bahwa dengan status sebagai penyanyi terkenal, tidak seharusnya tampil secara lipsync, apalagi jika di acara-acara besar.

Hal seperti itu juga terjadi pada enam penyanyi ini. Siapa saja mereka? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/8), berikut lima penyanyi yang lipsync di acara besar yang tuai kontroversi.

Loading...

1. Via Vallen.

Seleb lipsync di acara besar  © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@PilihArdi

Tampil sebagai pengisi acara dalam acara Opening Ceremony Asian Games 2018 pada Sabtu (18/8) lalu, penampilan Via Vallen saat membawakan official theme song AG berjudul Meraih Bintang menuai kontroversi.

Saat tampil di acara tersebut, Via memang diharuskan untuk tampil secara lipsync oleh pihak panitia karena adanya keterbatasan sinyal di GBK yang bisa memengaruhi performa para pengisi acara.

Dalam acara yang diramaikan lebih dari 5.000 pengisi acara tersebut, tak hanya Via Vallen, deretan penyanyi lain seperti Raisa, Rossa, GAC dan lainnya juga bernyanyi secara lipsync guna menghindari resiko yang dapat merusak perfomance mereka.

2. Beyonce.

Seleb lipsync di acara besar  © 2018 brilio.net

foto: hollywoodreporter.com

Saat menjadi pengisi acara di acara pelantikan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pada 2013 lalu, Beyonce juga menuai kontroversi karena bernyanyi secara lipsync. Padahal istri Jay-Z ini sudah melakukan segala persiapan dengan matang.

Bukan tanpa alasan, Beyonce tak memiliki waktu berlatih dengan orkestra yang megiringinya saat itu. Tak ingin mengambil resiko yang dapat membuat penampilannya tak sempurna, pelantun lagu Love On Top ini memutuskan untuk bernyanyi secara lipsync.

3. Mariah Carey.

Seleb lipsync di acara besar  © 2018 brilio.net

foto: famehollywood.com

Selain Beyonce, Mariah Carey juga pernah menjadi perbincangan publik lantaran bernyanyi secara lipsync saat tampil di acara pergantian tahun yang digelar di Times Square, New York pada penghujung 2017 lalu.

Saat membawakan lagu Emotion, Mariah melewatkan lirik awal lagu tersebut dan menatap kosong ke luar panggung sambil meraba mencari in-ear monitor yang ia kenakan.

Kejadian tersebut membuat Mariah Carey menjadi perbincangan publik dunia. Saat itu, Mariah juga mengaku bahwa ia mengalami gangguan teknis.

4. Katy Perry.

Seleb lipsync di acara besar  © 2018 brilio.net

foto: pagesix.com

Pada 2013 silam, penampilan Katy Perry saat tampil di acara NRJ Music Awards di Cannes, Prancis juga menuai kontroversi karena ketahuan lipsync.

Saat membawakan lagu Roar, Katy Perry justru menyanyikan bagian penyanyi latar. Selain itu, ucapan Katy saat menyanyikan lagu tersebut terlihat seperti orang kumur-kumur.

Kejadian tersebut membuat para penonton meminta Katy untuk mengulang penampilannya. Bahkan salah seorang menghampiri Katy Perry di atas panggung untuk meminta mengulang penampilannya.

5. Selena Gomez.

Seleb lipsync di acara besar  © 2018 brilio.net

foto: elitedaily.com

Saat tampil di panggung American Music Awards (AMA) pada 2017, Selena Gomez menuai protes dari publik lantaran penampilan saat membawakan lagu Wolves bersama DJ Marshmello.

Mantan kekasih Justin Bieber ini diduga bernyanyi secara lipsync. Netizen banyak yang beranggapan bahwa penampilan Selena justru merusak panggung AMA.