Brilio.net - Kehadiran buah hati merupakan momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi jika buah hati tersebut merupakan anak pertama yang telah dinantikan sejak lama. Jika memasuki usia kehamilan 7 bulan, biasanya para pasangan akan menggelar acara syukuran.

Beberapa seleb Tanah Air pun juga ada yang melakukan acara syukuran tujuh bulanan. Dalam berbagai adat di Indonesia terdapat nama sendiri-sendiri mengenai acara syukuran tujuh bulanan kehamilan ini. Salah satu yang istilah dikenal dalam masyarakat Jawa adalah tingkeban atau mitoni.

Melestarikan tradisi, beberapa penyanyi ini pun melangsungkan syukuran untuk mendoakan agar calon ibu dilancarkan selama mengandung hingga melahirkan sang jabang bayi. Ada yang digelar secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga terdekat namun ada juga yang secara meriah dengan mengundang banyak tamu.

Berikut brilio.net telah merangkum momen tasyakuran tujuh bulanan para penyanyi Tanah Air dari berbagai sumber, Sabtu (1/1).

1. Zaskia Gotik menggelar acara tasyakuran tujuh bulanan kehamilan pertama di rumahnya di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Acara yang digelar dengan adat Sunda tersebut dihadiri oleh kerabat sekaligus tamu undangan. Zaskia Gotik dan sang suami tampil serasi dengan busana berwarna hijau.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@yantiadeni

2. Momo Geisha menggabungkan dua adat sekaligus dalam acara 7 bulanan kehamilannya. Berlangsung meriah, pelantun lagu Jika Cinta Dia ini menggabungkan adat Batak dan Jawa di acara syukurannya. Tidak membagikan kreweng untuk tamu undangannya, Momo justru menggantinya dengan uang Dolar AS pecahan 100 USD.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@therealmomogeisha

3. Sarwendah menggelar acara tujuh bulanan kehamilan anak keduanya dengan adat Jambi. Dalam acara 7 bulanan atau upacara Manuak ini memiliki beberapa ritual yang harus dijalankan. Salah satunya, memakan sirih pinang yang disajikan bersama daun nipah lengkap dengan tembakau yang diletakkan di sebuah wadah cerana.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@sarwendah29

4. Pada momen acara syukuran tujuh bulan kehamilannya Aura Kasih memilih menggunakan adat Sunda. Dalam momen ini Aura Kasih bersama Eryck Amaral terlihat begitu antusias menjalani semua prosesi.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@ockomotion_pictures

5. Dalam prosesi syukuran tujuh bulanan kehamilannya, Ashanty mengusung adat Jawa. Dalam salah satu rangkaian acara, Ashanty harus berganti pakaian Jawa sebanyak tujuh kali.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: KapanLagi.com

6. Vicky Shu juga menggelar acara 7 bulanan dengan tradisi Jawa saat mengandung buah hati pertamanya. Salah satu prosesi yang dilakukan ialah membasuh muka dengan air dari kendi.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@aldiphoto

7. Nella Kharisma dan Dory Harsa menggelar acara syukuran 7 bulanan kehamilan dengan nuansa adat Jawa. Acara mitoni yang digelar di Graha Setyowati, Sukoharjo, Jawa Tengah itu dihadiri oleh sejumlah tamu dan berjalan dengan meriah.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@nellakharisma

8. Memasuki usia kehamilan 7 bulan, Aurel Hermansyah dan keluarga menggelar acara syukuran. Acara tersebut digelar secara mewah dan meriah di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan. Tak tanggung-tanggung, acara 7 bulanan Aurel dengan adat Jawa ini pun disiarkan langsung di televisi.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@krisdayantilemos

9. Sebelum anak pertamanya lahir pada 26 Desember kemarin, Lesty Kejora dan Rizky Billar rupanya sudah menggelar acara 7 bulanan bersama keluarganya. Acara itu berlangsung secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga dekat saja.

tasyakuran 7 bulanan penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@ayah_kejora