Gilang mengungkapkan bahwa dirinya diberikan tantangan untuk menirukan gaya khas tokoh NU, Gus Dur. Gilang mengaku diminta oleh Yenny Wahid untuk mencoba menirukan gaya Presiden RI ke-4 tersebut.

Momen Gilang Dirga tirukan mendiang Gus Dur Berbagai sumber

foto: YouTube/Swara NU

"Saat itu saya bilangnya adalah 'Mbak, sepertinya kalau mau jadi sosok beliau harus dipikirkan matang-matang tapi saya janji suatu saat saya akan coba', dan sepertinya malam hari ini saya akan coba, Mbak Yenny," ujar Gilang.

Pengalaman Gilang dalam menirukan berbagai tokoh terkenal ternyata sedikit terhambat ketika harus menirukan sosok Gus Dur.

Gilang terlihat totalitas dengan mimik wajah hingga suara yang dibuat semirip mungkin dengan Gus Dur.

Momen Gilang Dirga tirukan mendiang Gus Dur Berbagai sumber

foto: YouTube/Swara NU

Menurut pengakuannya, dia merasa deg-degan karena harus membawakan karakter mantan Presiden RI tersebut.

"Saya jadi deg-degan karena Ibu yang ngomong nih, Bu," tutur Gilang kepada Khofifah.

Selain itu, sosok Gus Dur dikenal dengan jargon 'gitu aja kok repot' turut dibawakan oleh Gilang Dirga saat impersonate Gus Dur.

"Gus, saya ndak pakai nama beliau Gus. NU ini sudah satu abad berdiri. Gimana tanggapan Gus Dur dalam perjalanan 1 abad NU?", tanya Khofifah.

"Ya biasa aja," balas Gilang bernada Gus Dur.

"Lho, kok biasa sih Gus? Satu abad bukan waktu yang singkat lho Gus?", tanggap kembali Khofifah.

"Ya yang bilang singkat itu siapa? Satu abad Itu kan cuman angka 100 tahun. Lagi pula kalau cuma abad saja tanpa huruf i buat apa," timpa Gilang.

"Gus, abad tanpa huruf i gimana toh Gus?", tambah Khofifah.

"Lah, iya mau satu abad 2 abad yang penting itu ada huruf i-nya: abadi ya karena hakikatnya itu akan terus abadi memperjuangkan rasa keadilan dan toleransi di tengah masyarakat. Gitu aja kok repot," balas Gilang dengan mimik wajah khas Gus Dur.

Penampilannya yang begitu total ini cukup membuat para hadirin tertawa dan memberi apresiasi kepadanya dengan tepuk tangan yang meriah.