Brilio.net - Sejak dulu, menggelar acara perayaan kehamilan usia kandungan tujuh bulan merupakan kebiasaan yang dilakukan masyarakat. Biasanya, prosesi tersebut digelar sebagai wujud memohon doa agar diberi kelancaran dalam bersalin.

Tak cuma itu, acara ini juga bertujuan untuk mendoakan janin yang masih di dalam perut. Pada umumnya selain pengajian, rangkaian lain dari prosesi ini yakni siraman. Kemudian ada pula tradisi dengan jualan dawet dan rujak.

Membahas lebih jauh, memperingati tujuh bulanan kehamilan di Indonesia memang terbilang sangat unik. Pasalnya setiap daerah memiliki tradisi tersendiri. Seperti halnya yang dilalui deretan selebriti ini. Meski begitu, tujuannya tetaplah satu, yakni sebagai rasa syukur dan mendoakan buah hatinya.

Berikut momen 7 bulanan kehamilan seleb dengan berbagai tema adat, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (12/10).


1. Menantikan kelahiran anak pertama, Zaskia Gotik gelar 7 bulanan pakai adat Sunda. Ia begitu memukau dengan kebaya berwarna hijau mint.

foto: Instagram/@yantiadeni



2. Unik, Momo memadukan adat Jawa dan Batak dalam syukuran kehamilannya. Ia juga membagikan uang Dolar AS pecahan 100 USD kepada para tamu undangan sebagai pengganti kreweng.

foto: Instagram/@rikky_xstudio



3. Momen Tiara Pangestika pada prosesi berjualan dawet. Aura kecantikannya kian terpancar pada kehamilan anak pertama.

foto: Instagram/@tiarapangestika



4. Nagita Slavina jalani siraman. Orang tua Nagita dan Raffi bergantian mengguyur air kembang.

foto: Instagram/@raffi_gigi



5. Ruben Onsu dan Sarwendah melakukan upacara Menuak adat Jambi. Dalam potret tersebut, Ruben memecah buah kelapa sebagai prediksi jenis kelamin anak.

foto: Instagram/@fanylouis95



2 dari 2 halaman


6. Baim Wong mengucurkan air untuk Paula dari kendi. Ini menjadi salah satu rangkaian upacara mitoni dalam adat Jawa.

foto: Instagram/@baimwong



7. Meskipun menikah dengan pria Bule, Aura Kasih masih melestarikan adat. Pada kehamilannya, Aura Kasih menggelar acara nujuh bulanan memakai adat Sunda.

foto: Instagram/@ockomotion_pictures



8. Nggak cuma siraman, Ashanty lakukan prosesi ganti baju sebanyak 7 kali. Baju itu merupakan busana adat Jawa dengan berbagai warna dan motif.

foto: kapanlagi.com



9. Sejak awal prosesi pernikahannya, Ardina Rasti selalu menjalankan tradisi adat. Maka nggak heran, dalam kehamilannya ia tentulah menggelar mitoni dari adat Jawa.

foto: Instagram/@story_machine



10. Vicky Shu membasuh wajahnya dengan air dari kendi yang dituangkan Ade Imam. Setelah itu, Vicky juga menjalani prosesi telur ayam yang bermakna agar bayi yang akan lahir diberi kemudahan.

foto: Instagram/@aldiphoto