Semenjak itulah, Melaney mengunjungi obgyn untuk memeriksakan sakit menstruasinya. Ternyata, Melaney mengidap penyakit adenomiosis, yaitu jaringan endometrium yang tumbuh di luar dinding dalam rahim yang normal.

Isti Tyson Lynch ini menjalani terapi hormon dengan suntikan pil KB. Semenjak menjalani pengobatan, Melaney merasa lebih baik.

"Yang aku rasakan sih jujur ya, lega, buat aku menstruasi itu nightmare," ungkapnya.

Melaney Ricardo operasi angkat rahim © berbagai sumber

foto: YouTube/Melaney Ricardo

Namun, sayangnya pengobatan itu bukan solusi terbaik karena ia kerap mengalami pusing akibat suntikan hormon. Selain itu, dampaknya juga buruk bagi tubuh.

"Tapi itu bukan solusi terbaik. Jadi suka pusing juga akibat suntikannya. Rasanya jadi kayak orang mau menopause. Di paha juga kayak ada benjolan, di punggung breakout, jerawat parah banget," katanya.

Selama ini Melaney harus menahan rasa sakit yang luar biasa saat menstruasi meski saat bekerja. Akhirnya ia memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan rahim. Pasalnya adenomiosis tidak dapat dihilangkan melalui segala pengobatan. Pengobatan tersebut hanya menekan agar adenomiosis tidak tumbuh. Ia mengumpulkan keberanian dan menjalani serangkaian operasi angkat rahim.

"Jadi dilubangi ke dalam perut aku, ada robotnya. Robot ini masuk ke dalam perut aku, dan angkat semua jaringan-jaringan, terutama rahim aku. Ini harus dilakukan, karena sakit banget," tutupnya.

Melaney sempat mengalami efek samping operasi karena dibius total. Setelahnya ia merasa baikannya dan menjalani pemulihan.

"Menggigil, terus sempat mual dan muntah," jelasnya.

Melaney Ricardo operasi angkat rahim © berbagai sumber

foto: YouTube/Melaney Ricardo

Melaney pun memberikan saran bagi para perempuan yang mengalami rasa sakit seperti dirinya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

"Pesan aku untuk para perempuan kalau kalian merasa mulai curiga ada sesuatu tidak biasa pada tubuh kalian, please jangan lama-lama, do your check, go to the obgyn," ungkapnya.