Brilio.net - Industri musik Indonesia kembali digemparkan dengan sebuah prestasi dari anak muda Tanah Air. Band rock Voice of Baceprot sedang melangsungkan tur Eropa pada akhir tahun 2021. Konser yang bertajuk Fight Dream Believe Tour 2021 ini dimulai dari Kamis (18/10) hingga 10 Desember 2021 mendatang.

Terdapat delapan panggung yang akan diguncang oleh Voice of Baceprot selama di Eropa, termasuk pada Les Trans Musicales 2021, sebuah festival musik terkenal di Prancis. Konser ini juga sekaligus untuk memperkenalkan single terbaru mereka yang berjudul God, Allow Me (Please) To Play Music yang baru saja dirilis pada Agustus 2021 lalu.

Namun, sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, terdapat beberapa tantangan yang harus dilewati oleh VoB untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Mau tahu bagaimana perjalanan mereka? Yuk simak 7 perjalanan karir Voice of Baceprot yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (29/10).

1. Berasal dari Garut

 IB: Voice of Baceprot © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@shethority

Ketiga perempuan ini sama-sama mengenyam pendidikan di Madrasah Tsanawiyah atau setara Sekolah Menengah Pertama di Singajaya, Garut. Band rock yang didirikan pada 14 Februari 2014 ini terdiri dari Firda Masya Kurnia (gitaris dan vokalis), Widi Rahmawati (bassis), dan Euis Siti Aisyah (drummer).

2. Berawal dari Legok Teater Baceprot.

 IB: Voice of Baceprot © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@baceprotvoices

Sebelum berkarier di industri musik rock, ketiga siswa ini pernah sama-sama mengikuti ekstrakurikuler teater ketika SMP. Dalam klub teater tersebut, mereka berperan sebagai anggota band di salah satu pertunjukan. Dari situlah mereka memutuskan untuk serius belajar memainkan alat musik.

3. Menarik Perhatian Publik dengan Cover lagu Band Rock Amerika

 IB: Voice of Baceprot © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@voiceofbaceprot

Mulai menarik perhatian publik pada 2015 ketika membawakan lagu milik band rock asal Amerika, Rage Against The Machine di kanal YouTube mereka. Kemudian pada tahun 2020, mereka memutuskan untuk pergi ke Jakarta dan fokus berkarier di bidang musik

4. Rilis Lagu Original pada Tahun 2018

 IB: Voice of Baceprot © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@baceprotvoices

Lagu original pertamanya berjudul School of Revolution pada tahun 2018. Dalam single pertamanya tersebut, VoB menuangkan rekam jejak dari cara pandang sekaligus keresahan mereka terhadap sekolah sebagai salah satu ruang belajar.

5. Terpilih menjadi perwakilan Woman of World 2021

 IB: Voice of Baceprot © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bastianhansen

VoB juga pernah terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk perayaan hari perempuan Internasional bersama Camilla Duchess of Cornwall di acara Woman of The World (WOW) Festival UK 2021 yang diadakan secara virtual.

6. Sorotan Media Internasional

 IB: Voice of Baceprot © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bastianhansen

Setelah terkenal dan tampil di panggung-panggung, VoB juga mendapat perhatian dari media internasional. VoB pernah diwawancarai beberapa media internasional, seperti the Guardian, NPR, Reuters, BBC, Metal Injection, Mashable, The New York Times dan lain lain.

7. Akan Manggung di Jerman

 IB: Voice of Baceprot © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bastianhansen

Tidak hanya sampai di situ, pada 2022 mendatang VoB masih akan mengembangkan sayapnya di industri musik rock serta akan tampil di ajang festival metal terbesar di dunia Wacken Oper Air di Jerman. Pada kesempatan itu, VoB akan sepanggung dengan legenda heavy metal seperti Judas Priest, As I Lay Dying hingga Death Angel.

(brl/pep)

(brl/pep)