Brilio.net - Wacana dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang menggagas sistem 'full day school' untuk pendidikan dasar (SD dan SMP), baik negeri mau pun swasta memang membuat kaget banyak pihak. Termasuk para artis tanah air yang memiliki anak yang masih sekolah di tingkat SD dan SMP.

Alasan konsep full day school tersebut agar si anak tak sendiri ketika orangtua mereka masih bekerja.

Deddy Corbuzier menjadi salah satu artis yang ikut menyuarakan pendapatnya tentang rencana mendikbud ini. Melalui akun media sosialnya, Deddy mengatakan bahwa rencana full day school ini tak masuk akal dan akan didik membuat anak stress menjalaninya.

Menurut Deddy selama ini sudah banyak sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya, sehingga siswa hanya perlu memanfaatkan program tersebut sesuai minat siswa, tanpa harus berada seharian penuh di sekolah. Karena masa anak-anak memang sudah seharusnya banyak mengisi kegiatan untuk bermain dan tidak melulu belajar saja.

"Orang tua seperti kita yang kerja jam 7 sampai jam 5 saja pada stress.. Pulang macet stress. Masih untung bisa mainan HP saat kerja. Ini anak mau dibuat sama seperti kalian tapi lebih stress? Apapun alasannya dan apapun program nya, that is sooo wrong," tulis Deddy seperti dikutip brilio.net, Rabu (10/8).

Loading...

Ayah Azka Nikola Corbuzier ini membandingkan rencana mendikbud ini dengan sistem pendidikan di Negara Finlandia, negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

"(Di Finlandia) sekolah hanya 3 jam dan tidak ada Pekerjaan Rumah. Kok bisa?? Dude come on. Are you kidding me? Rubah konsep sekolahnya. Bukan nambah jam sekolahnya! Think dude," pungkas Dedy dalam postingannya tersebut.

Setelah menuai banyak komentar negatif dari berbagai masyarakat, mendikbud pun kemudian memutuskan untuk membatalkan gagasan ini. Dalam konferensi persnya, Selasa (9/8). Di Restoran Batik Kuring, Jakarta, Muhadjir mengatakan akan mengganti pendekatan lain untuk program-program di kementeriannya.