Brilio.net - Tim Indonesia dalam lomba matematika SMP menyabet lima medali emas, enam medali perak dan sembilan medali perunggu di ajang International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 pada tanggal 10-14 Desember 2015 di Sungai Petani, Kedah, Malaysia.

Para peserta mendapatkan dua tes yang meliputi individual test and team contest. Semua peserta harus berpartisipasi dalam kedua tes tersebut.

"Kompetisi Internasional diikuti oleh 160 peserta yang terbagi menjadi 40 tim dari 11 negara, yakni Bulgaria, Indonesia, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Filipina, Rusia, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam," kata Direktur Pembinaan SMP Supriano saat dihubungi di Jakarta, Senin (14/12).

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mengirimkan sebanyak 15 pelajar yang berasal dari peraih medali emas, perak dan perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional tahun 2015 di Palu, Sulawesi Tengah.

"Mereka dibina dan diberikan pembekalan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor, Jawa Barat selama 6 minggu. Mereka mendapat pelatihan secara intensif antara lain, materi matematika, pendidikan spiritual, pendidikan jasmani dan rohani, pendidikan karakter yang menekankan pada kekeluargaan, dan rekreasi," terang Supriano seperti dikutip Antara.

Para peserta yang memperoleh lima medali emas pada ITMO 2015, yakni untuk kategori individual test Irfan Urane Azis (SMPN 2 Depok, Jawa Barat); Hardyansel Kesuma (SMPK St John, Banten); Valentino Dante T (SMPK Petra 3, Jawa Timur); Claudeon Reinard S (SMP PL Domenico Savio, Jawa Tengah) dan kategori group award mendapatkan medali emas Tim INA C (Irfan Urane Azis, Hardyansel Kesuma, Lucia Tirta Gunawan, Radian).

(brl/fen)

(brl/fen)